PENGEMBANGAN MODUL EJAAN BAHASA INDONESIA BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya pemahaman mahasiswa tentang penguasaan seluk beluk Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) di Universitas Riau Kepulauan. Permasalahan dalam perkuliahan bahasa Indonesia, yaitu (1) mahasiswa belum mengenal dan memahami secara mendalam Ejaan Bahasa Indonesia, (2) mahasiswa belum terlibat aktif selama proses perkuliahan, dan (3) contoh yang disajikan dalam referensi perkuliahan belum bervariasi. Metode penelitian menggunakan model pengembangan 4-D terdiri atas empat tahap, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Subjek uji coba adalah mahasiswa Universitas Riau Kepulauan semester satu tahun ajaran 2017−2018. Instrumen penelitian berupa angket (angket validasi, praktikalitas, observasi) dan tes unjuk kerja. Hasil penelitian adalah modul Ejaan Bahasa Indonesia berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning bermuatan pendidikan karakter yang dirancang berkategori sangat valid, praktis, dan efektif. Validitas modul berkategori sangat valid dari aspek kelayakan penyajian modul, kelayakan isi modul, kebahasaan, dan kegrafikaan. Hasil analisis terhadap lembar praktikalitas dari dosen dan mahasiswa, adalah bahwa modul berkategori sangat praktis terdiri atas tiga aspek, yaitu kemudahan dalam penggunaan, kesesuaian waktu, dan daya tarik modul. Modul Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) bermuatan pendidikan karakter perkuliahan berkategori sangat efektif meliputi aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis lembar aktivitas mahasiswa, aktivitas mahasiswa ketika belajar dengan menggunakan modul berkategori sangat aktif dengan persentase aktivitas 84,4%. Sementara itu, hasil tes kinerja mahasiswa diperoleh rata-rata nilai sebesar 3,32 dengan nilai ubahan B+. Dengan demikian, modul sangat efektif untuk menunjang aktivitas dan hasil belajar mahasiswa.
Kata Kunci: Modul, EBI, Contextual Teaching and Learning, Pendidikan KarakterFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.32528/bb.v2i2.835
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 BELAJAR BAHASA
Address:Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia
Phone & Fax:(0331)336728 | 337957
Email:belajarbahasa@unmuhjember.ac.id