PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA DAN PEMAHAMAN BACAAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI

Memmy Dwi Jayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan menjelaskan pengaruh penguasaan kosa kata dan pemahaman bacaan terhadap keterampilan menulis narasi pada peserta didik. Penelitian dilakukan di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan analisis korelasi dan regresi, data tentang penguasaan kosakata, pemahaman bacaan, dan ketrampilan menulis narasi diperoleh melalui angket dan hasil karangan siswa. Hasil analisis terdapat pengaruh penguasaan kosakata dan pemahaman bacaan terhadap keterampilan menulis narasi, yaitu koefisen korelasi dan koefisien regresi tersebut signifikan.  Temuan menunjukkan bahwa dengan penguasaan kosakata dan pemahaman bacaan yang tinggi dapat meningkatkan kemampuan menulis. Dengan demikian, peserta didik yang memiliki kuantitas dan kualitas kosakata yang baik, maka baik pula kemampuan berbahasanya dalam menulis narasi.

Kata Kunci: Kosakata, Bacaan, dan Keterampilan Menulis




DOI: https://doi.org/10.32528/bb.v2i2.831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 BELAJAR BAHASA



View My Stats

 

Address:Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:(0331)336728 | 337957

Email:belajarbahasa@unmuhjember.ac.id