KESALAHAN EJAAN PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Sri Mulyani

Abstract


Ejaan merupakan keseluruhan peraturan bagaimana melambangkan bunyi ujaran dan bagaimana hubungan antara lambang-lambang bahasa. Oleh karena itu, pengajaran bahasa di sekolah itu penting. Sebab, bahasa sebagai alat komunikasi baik secara lisan maupun tulis. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kesalahan ejaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan cara pengumpulan data kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian kesalahan ejaan pada peserta didik kelas VI A dan VI B, yaitu dalam memperbaiki penulisan kesalahan huruf kapital, memilih jawaban benar atau salah, dan menjawab soal pilihan ganda sedangkan penguasaan ejaan peserta didik kelas VI A  dalam memperbaiki penulisan kesalahan huruf kapital sebesar 80% atau kategori baik,  pengguasaan dalam memilih jawaban benar atau salah sebesar 69% atau kategori baik, penguasaan dalam memilih jawaban soal pilihan ganda sebesar 42% atau kurang. Kelas VI B dalam memperbaiki penulisan kesalahan huruf kapital sebesar 78% atau kategori baik, pengguasaan dalam memilih jawaban benar atau salah sebesar 65% atau kategori cukup, dan pengguasaan dalam memilih jawaban soal pilihan ganda sebesar  41% atau kategori kurang. Dari temuan ini bisa disimpulkan bahwa siswa memahami pada tingkat penggunaan huruf besar atau capital saja.

Kata kunci: Bahasa, Kesalahan Ejaan, Peserta Didik




DOI: https://doi.org/10.32528/bb.v2i1.651

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 BELAJAR BAHASA



View My Stats

 

Address:Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:(0331)336728 | 337957

Email:belajarbahasa@unmuhjember.ac.id