Eksplorasi Nilai Kepahlawanan Kyai Hasan Mukmin Daerah Sidoarjo sebagai Bahan Pendidikan Karakter

Amelia Widya Hanindita

Abstract


Pahlawan merupakan sosok teladan, rela berkorban, berani, dan berjasa bagi suatu bangsa. Dengan demikian, generasi muda harus dapat memetik pelajaran dari kisah perjuangan para pahlawan dan menerapkan nilai kepahlawanan tersebut. Hal ini dilakukan untuk menguatkan pendidikan karakter agar generasi muda lebih kokoh dalam menghadapi tantangan di abad ke-21. Dalam penelitian ini akan dibahas nilai kepahlawanan yang ada dalam diri Kyai Hasan Mukmin dan pemanfaatan nilai kepahlawanannya sebagai bahan ajar pendidikan karakter. Penelitian ini dilakukan karena kisah perjuangan Kyai Hasan Mukmin menarik untuk ditelusuri lebih mendalam dan terdapat nilai kepahlawanan dalam sosoknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai kepahlawanan dalam diri Kyai Hasan Mukmin dan pemanfaatan nilai kepahlawanan tersebut sebagai bahan ajar pendidikan karakter. Pendekatan yang digunakan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kepahlawanan yang ditemukan dalam diri Kyai Hasan Mukmin adalah ulet, rela berkorban, berjiwa pemimpin, teladan, gigih, pantang mundur, dan berjiwa pelopor. Kemudian, pemanfaatan nilai kepahlawanan sebagai bahan ajar pendidikan karakter dideskripsikan melalui cerita narasi dengan judul “Kyai Hasan Mukmin, Pahlawan dari Sidoarjo”. Hasil penelitian dapat diimplementasikan untuk menguatkan pendidikan karakter bagi mahasiswa.


Keywords


Kyai Hasan Mukmin; nilai kepahlawanan; pendidikan karakter

Full Text:

PDF

References


A. Doni, K. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto. (2020). Bahan Ajar sebagai bagian dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka, 62-65.

Amrulloh, M. H., Haq, A., & Madyan, S. (2020). Internalisasi Nilai - Nilai Keteladanan Tokoh Islam Raden Patah pada Pembelajaran PAI Siswa Kelas VIII: Studi Kasus di Mts. Al-Hamid Malang. Jurnal Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 92-98.

Andina, V., Sugiharto, & Imamudin. (2020). Nilai Kepahlawanan dalam Serat Kridhawasita: Kajian Filologi. Jurnal Alfabeta: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 56-62.

Arifin, M. Z., Katrini, Y. E., & H. Theresia P. R. N. (2020). Nilai-Nilai Perjuangan Tokoh Utama dalam Novel Dunia Samin Karya Soesilo Toer: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Implementasinya sebagai Materi Ajar Pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal Repetisi: Riset Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 26-38.

Arsip. (2014). Nilai-Nilai Kepahlawanan, Arsip, dan Revolusi Mental. Retrieved Maret 31, 2020, from https://anri.go.id/publikasi/majalah-arsip

Badrun, U. (2006). Pahlawan. Jakarta: Perspektif.

Bulan, A. & Hasan. (2020). Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Dongeng Suku Mbojo. Jurnal Ainara: Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan, 31-38.

Efendi, A. (2020). Nilai Karakter dalam Novel Biografi Hatta: Aku Datang karena Sejarah Karya Sergius Sutanto. Jurnal Pendidikan Karakter, 14-32.

Farhat, P. N. F. A. & Z, Anis F. (2020). Memperkenalkan Sejarah Pahlawan Nasional K.H Agus Salim bagi Peserta Didik MI/SD di Indonesia. Jurnal As Sibyan: Jurnal Kajian Kritis Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Dasar, 18-33.

Fransiska, M. & Listyarini, I. (2017). Analisis Kemampuan Penggunaan Ejaan dalam Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN Tlogosari Kulon 05 Semarang. Lingua, 68-76.

Gusar, M. R. S. & Irene, L. (2019). Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Narasi Berbasis Acara Televisi “Jika Aku Menjadi” Trans Tv. Jurnal Dinamika Pendidikan, 205-211.

Hadiah, N. dan Z, Anis F. (2020). Memperkenalkan Sejarah Pahlawan Nasional Mr. Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoejo bagi Peserta Didik MI/SD di Indonesia. Jurnal As Sibyan: Jurnal Kajian Kritis Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Dasar, 79-95.

Istiqamah. (2020). Nilai Moral dan Patriotisme dalam Film Disney Moana. Jurnal SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 56-65.

Keraf, G. (1991). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.

Khoirurrohman, T. & Anjany A. (2020). Cerita Rakyat Kabupaten Purworejo sebagai Upaya Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12-21.

Ningsi, N. P. S. (2017). Kemampuan Menulis Karangan Narasi Melalui Media Animasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 07 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan Bahasa dan Sastra, 44-56.

Nugraha, M. T. (2019). Rekonsiliasi Nilai-Nilai Kepahlawanan serta Internalisasinya dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam Ta’dibuna, 241-258.

Nurjaya, G. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Metode Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia berbasis Pembelajaran Kooperatif Jigsaw untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kemampuan Aplikatif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 102-111.

Putro, A. P., Waluyo, J. H., & Wardhani, N. E. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Naskah Drama Opera Kecoa Karya N. Riantiarno. Jurnal Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1-16.

Rahmadani, S., Suhartono., & Arifin, M. (2017). Kemampuan Menulis Teks Narasi Tentang Pengalaman Libur Sekolah Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang. Jurnal Ilmiah Korpus, 218-223.

Samani, M., dan Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Saraswati, E. & Budiman, A. (2016). Karakter Kepemimpinan dalam Novel Silat Nagabumi Karya Seno Gumirah Ajidarma sebagai Bahan Ajar Sastra di Sekolah Menengah. Jurnal Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 157-165.

Setiawan, A. & Qur’ani, H. B. (2017). Nilai Karakter Cinta Lingkungan melalui Karaktersitik Tokoh pada Novel dari Rahim Ombak Karya Tison Sahabuddin Bungin. Jurnal Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 149-160.

Windiatmoko, D. U. (2016). Analisis Wacana dalam Gurindam XII dan Nilai Pendidikan Karakter serta Implikasinya sebagai Materi Ajar Sastra. Jurnal Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 12-22.




DOI: https://doi.org/10.32528/bb.v6i2.5786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:(0331)336728 | 337957

Email:belajarbahasa@unmuhjember.ac.id