Pemanfaatan Studi Nilai-Nilai Profetik dalam Pembelajaran Sastra di Perguruan Tinggi

Adenarsy Avereus Rahman, Andayani Andayani, Sarwiji Suwandi, Budhi Setiawan

Abstract


Nilai profetik mengandung nilai-nilai terpuji yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw, tidak hanya diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, nilai profetik dapat diimplementasikan dalam karya sastra.di sisi lain nilai profetik dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran sastra, khususnya diperguruan tinggi secara akademisi memiliki tingkat pemahaman yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan 1) implementasi nilai profetik pada novel Bulan Nararya karya Sinta Yudisia. 2) sebagai bahan referensi dalam pembelajaran sastra, 3) sebagai sarana menanamkan nilai pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan wawancara, bentuk data berupa kata atau kalimat yang mengacu pada penelitian, validasi data menggunakan trianggulasi sumber data dan teori, teknik analisis menggunakan analisis isi. Hasil penelitian ini (1) Menunjukan bahwa studi nilai profetik bisa dimanfaatkan sebagai materi pembelajaran sastra sebagai pendekatan sastra yang digunakan dalam mengapresiasi karya sastra. (2) Studi nilai profetik dapat dijadikan sarana dalam menanamkan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam karya sastra. Dengan adanya penelitian  ini mampu memberikan pengalaman belajar baru dengan menggunakan kajian baru dengan tujuan memperluas khazanah pengetahuan tentang sastra.


Keywords


nilai profetik; nabi muhammad saw; pembelajaran sastra; perguruan tinggi

Full Text:

PDF

References


Al-Halwani, A.F. (2003). Membangun Akhlak Mulia dalam Bingkai al-Quran dan assunnah.Yogyakarta: Al-Manar.

Arthur, J. (2003). .Education with Character The moral economy of schooling. London: RoutledgeFalmer

Al-Olaqi, F.M.T.S. (2015). The Prophet Muhammad’s Leadership: An Islamic View. Advances in Social Sciences Research Journal.59-70.

Anthony, I. (2018). ‘New Nigeria’: A socioreligious dimension of prophetic envisioning. HTS Teologiese Studies/Theological Studies. 1-7

Abidin, Z., & Khairudin, F. (2017). Penafsiran Ayat-Ayat Amanah Dalam Al-Qur’an. Jurnal Syahadah. 120-144

Bohlin, K. E. (2005). Teaching Character Education through Literature Awakening the moral imagination in secondary classrooms. USA: Routledge Falmer.

Gregory, M., & Chamber, E. (2006) Teaching & Learning English Literature. London: SAGE Publications.

Haddad, B. (2016). Curriculum design in theology and development: Human agency and the prophetic role of the church. HTS Teologiese Studies/Theological Studies.1-8

Hariyanto, dkk. (2012) . Pendidikan karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Jamilin, A. K. (2017). Prophetic Approaches In Communication: A Pilot Analysis Of Hadith Prophet Muhammad. Research Article American Scientific Publishers. 4872-4876

Jumu‟ah, A. K. (1998). Jujur Mata Uang Dunia dan Akhirat. Jakarta: Pustaka Azzam.

Kebbi, S. (2012). The Impact of Prophet Muhammad's Misconceived Sunnah on the Traditional Muslim's Lifestyle in Tripoli, Lebanon. 3-7.

Mahmud,. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Munawir, A. W. (1997) Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap. Surabaya: Pustaka Progresif.

Muttaqin, H. (2015). Menuju Sosiologi Profetik. Sosiologi Reflektif. 219-24.

Nazir, M. (2009). Metode Penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia.

Putra, H. S. A. (2017). Paradigma Profetik Islam Epistemologi, Etos, dan Model. Yogyakarta: UGM Press.

Romansyah, K. (2016). Pedoman Pemilihan dan Penyajian Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Logika. 59-66

Willig, C. (2008). .Introducing Qualitative Research in Psychology. England: Open University Press.

Webb, R. B. & Sherman, R. R. (2006). drExplorations in Ethnography Series Qualitative Research in Education: Focus and Methods. London: Routledge Falmer.

Yudisia, S. (2014). Bulan Nararya. Surakarta : Indiva Media Kreasi

Zubaedi. (2012). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group




DOI: https://doi.org/10.32528/bb.v6i2.5628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:(0331)336728 | 337957

Email:belajarbahasa@unmuhjember.ac.id