Eufemisme dalam Novel Buku Besar Peminum Kopi Karya Andrea Hirata

Anis Soraya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  bentuk dan fungsi eufemisme yang ada di dalam novel Buku Besar Peminum Kopi Karya Andrea Hirata. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa kata, frasa dan kalimat yang mengandung gaya bahasa eufemisme. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik membaca catat. Instrumen pengumpulan data adalah peneliti sendiri. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan model Milles dan Huberman melalui tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan teknik peningkatan ketekunan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat penggunaan bentuk eufemisme antara lain; bentuk singkatan, bentuk kata serapan, bentuk istilah asing, bentuk metafora dan bentuk perifrasis. Selain bentuk, ditemukan pula fungsi eufemisme antara lain; untuk kesopanan dan kenyamanan, untuk menghindari malapetaka, untuk menyamarkan makna, untuk mengurangi rasa malu, dan untuk melaksanakan perintah agama. Makna dari hasil penelitian ini adalah penggunaan eufemisme dapat mengurangi konflik-konflik yang timbul akibat kesalahpahaman dalam berkomunikasi atau penyampaian informasi. Selain itu, dapat membantu para pembaca untuk lebih mudah dalam memahami nilai-nilai budaya dalam bahasa. Dengan adanya eufemisme didalam novel, dapat menambah kecakapan pengarang dalam memainkan gaya bahasa sesuai konteks yang mengikutinya, sehingga dapat menumbuhkan sikap toleransi bagi para pembaca.


Keywords


eufemisme; bentuk; fungsi; bahasa; novel

Full Text:

PDF

References


Dibia, I. (2018). Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia. Depok: Rajagrafindo Persada. Eka, W. (2016). Eufemisme dalam Wacana Konflik Suriah pada Blog Kajian Timur Tengah. Doctoral Dissertation, Universitas Andalas.

Hirata, A. (2020). Buku Besar Peminum Kopi. Yogyakarta: Benteng Pustaka.

Keraf, G. (2016). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Khalidi, S., & Atan, E. (2017). Unsur Eufemisme dalam Novel Jalan Retak Karya A. Samad Said. Journal of Business and Social Development, 5(1), 88-101.

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books.

Puspitasari, F., Sumarwati, & Suryanto, E. (2019). Pemakaian Eufemisme dalam Surat Kabar Solopos. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(2), 139-148.

Santoso, S. (2016). Majas dalam Novel Semesta Mendukung Karya Ayuwidya. Jurnal Bastra, 2(1).

Saputri, V., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Eufemisme dan Disfemisme dalam Novel Korupsi Karya Pramoedya Ananta Toer. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 12(2), 197-207.

Setiawaty, R., & Wahyudi, A. (2018). Bentuk dan Fungsi Eufemisme dalam Komentar Akun Facebook Presiden Joko Widodo sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia. Proceeding of the Urecol, 88-100.

Siswantoro. (2016). Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyadi, E. (2013). Kajian Bahasa Tabu dan Eufemisme pada Kumpulan Cerpen Senyum Karyamin Karya Ahmad Tohari. Doctoral Dissertation, Universitas.

Sutarman. (2017). Tabu Bahasa dan Eufemisme. Surakarta: Yuma Pustaka.

Tarigan, H. (2013). Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.32528/bb.v6i1.4154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:(0331)336728 | 337957

Email:belajarbahasa@unmuhjember.ac.id