PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMAN 1 PAKUSARI DENGAN METODE KONTEKSTUAL

Ririn Budi Utami Kusumawardhani

Abstract


Metode Kontekstual dipilih dan digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen siswa kelas X IPS1 SMA Negeri 1 Pakusari Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar menulis cerpen siswa kelas X IPS1 SMA Negeri 1 Pakusari Jember Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan metode kontekstual. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPS1 SMA Negeri 1 Pakusari Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Hasil  penelitian  bahwa  metode  kontekstual  dapat  meningkatkan  kemampuan menulis  cerpen  siswa  kelas X IPS1  SMA 1 Pakusari.  Dari prates ke siklus I dan  ke  siklus  II   kemampuan menulis cerpen  siswa  selalu  mengalami  peningkatan. Pada  prates  siswa  yang  tuntas  26 (65%);  siklus  I  meningkat  menjadi   31 (77,5%);  dan  pada  siklus II   menjadi  37 (92,5%).  

Kata Kunci: menulis cerpen, metode kontekstual




DOI: https://doi.org/10.32528/bb.v1i2.392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 BELAJAR BAHASA



View My Stats

 

Address:Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:(0331)336728 | 337957

Email:belajarbahasa@unmuhjember.ac.id