Eksistensi Kebakuan Bahasa Indonesia dalam Karya Tulis Mahasiswa

Ayunda Riska Puspita, Hafidz Rosyidiana

Abstract


Fenomena kesalahan berbahasa sudah semakin menjamur. Bahkan di kalangan akademis pun sudah sering ditemukan bentuk kesalahan ejaan, morfologi, kata baku, dan kalimat efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan bahasa yang terdapat dalam karya tulis mahasiswa PGMI IAIN Ponorogo. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian studi kasus dengan metode deskripsi-interpretasi. Bentuk kesalahan ejaan yang ditemukan dalam karya tulis mahasiswa PGMI IAIN meliputi kesalahan penggunaan tanda koma (,), tanda baca ganda, huruf kapital, huruf miring, tanda titik koma (;), dan tanda hubung (-). Bentuk kesalahan morfologi meliputi kesalaan afiksasi, reduplikasi, dan komposisi. Bentuk kesalahan kata baku meliputi kesalahan penulisan kata yang tidak sesuai dengan bentuk baku di (Kamus Besar Bahasa Indonesia) KBBI. Bentuk kesalahan kalimat efektif merupakan kesalahan pada kalimat yang tidak lugas, ambigu, tidak jelas, berbelit-belit, dan tidak sejajar. Terdapat pula kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa namun di tempat lain benar menuliskannya. Hal ini menunjukkan ketidakkonsistenan mahasiswa dalam berbahasa. Sikap seperti ini merupakan sikap bahasa yang negatif. Sebagian kasus menunjukkan bahwa sebenarnya mahasiswa mengetahui kesalahannya tapi enggan atau tidak peduli dengan hal yang sepele. Jika dibiarkan maka lambat laun bahasa Indonesia yang sesuai dengan aturan akan memudar digantikan oleh bahasa yang tanpa aturan baku.


Keywords


kesalahan berbahasa; bahasa baku; masa depan bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Marnita AS., R. (2011) “Pergeseran Bahasa dan Identitas Sosial dalam Masyarakat Minangkabau Kota: Studi Kasus di Kota Padang”. Jurnal Masyarakat Indonesia, Edisi XXXVII No. 1 Tahun 2011, hlm. 139-163.

Ayudia, Edi S., & Budhi W. (April, 2016). “Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Laporan Hasil Observasi pada Siswa SMP”. Jurnal BASASTRA. Vol. 4, No. 1, hlm. 34—49.

Badan Bahasa Kemendikbud RI. (2018). KBBI Daring Versi V. Dipetik Juni 11, 2018, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Endarmoko, E. ( 2017). Remah-Remah Bahasa: Perbincangan dari Luar Pagar. Yogyakarta: Bentang.

Johan, G. M. & Yusrawati JR. S. (Desember, 2017) “Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia secara Sintaksis dalam Proses Diskusi Siswa Kelas IV SDN Miri,” Jurnal Visipena, Vol. 8, No. 2, hlm. 241–253.

Katamba, F.. (1993). Morphology. London: Macmillan Press Ltd.

Muslich, M. (2009). Tatabentuk Bahasa Indonesia: Kajian ke Arah Tatabahasa Deskriptif. Jakarta: Bumi Aksa.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2001). Bahan Penyuluhan Bahasa Indonesia: Ejaan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Santoso. (2017). “Penanaman Nilai-Nilai Karakter pada Siswa SD pada Era Globalisasi.” Dalam Prosiding Seminar Nasional Aktualisasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar melalui Gerakan Literasi Sekolah untuk Menyiapkan Generasi Unggul dan Berbudi Pekerti, 164–170. Kudus: Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.

Sasangka, S. S. (2014). Kalimat (Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia). Jakarta: Badan Pengembang dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud RI.

Sudaryanto. (1992). Metode Linguistik: Ke Arah Memahami Metode Linguistik. Yogyakarta: Universitas gadjah Mada Press.

Sumadi. (2009). Sintaksis Bahasa Indonesia. Malang: A3 (Asih Asah Asuh).

Supriani, R. & Ida R. S. (2016). “Penelitian Analisis Kesalahan Berbahasa”. Jurnal Edukasi Kultura. Vol. 1 No.2, hlm. 67—76.

Tim Pengembang Pedoman Bahasa Indonesia. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembang dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud RI.

Wijana, I. D. P. (2010). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.32528/bb.v5i2.3521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:(0331)336728 | 337957

Email:belajarbahasa@unmuhjember.ac.id