Perbandingan Stereotipe Gender dalam Iklan: Kajian Semiotika Roland Barthes

Luly Zahrotul Lutfiyah, Kingkin Puput Kinanti

Abstract


Artikel ini membahas mengenai stereotipe gender dalam iklan yang diteliti dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian semiotika mencoba mengkaji fenomena yang ada dalam masyarakat dengan menggunakan simbol baik yang bersifat verbal maupun nonverbal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan stereotipe gender pada dua iklan yaitu iklan kecap ABC dan Iklan extra joss atau iklan masa kini dengan iklan pada era 5 tahun sebelumnya. Citra perempuan masa lalu digambarkan sebagai perempuan yang menduduki second class dimana kedudukan perempuan di bawah laki-laki. Namun, perkembangan budaya dan pola pikir cenderung menggeser citra tersebut. Penelitian ini akan menggunakan dua iklan yaitu iklan masakan kecap ABC versi Suami bisa masak” dan iklan minuman extra jos versi Laki”. Data dibagi menjadi dua yaitu data verbal dan data nonverbal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan observasi. Dokumentasi dilakukan dengan metode simak dan catat. Peneliti akan mengumpulkan data kedua iklan kemudian dilakukan teknik simak dan catat. Setelah dilakukan simak dan catat dilakukan analisis dengan menggunakan analisis semiotik Roland Barthes. Analisis juga menggunakan FGD untuk memantapkan hasil penelitian. Penyajian data dilakukan secara informal yaitu menggunakan kata-kata yang mudah dipahami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi pergeseran strereotipe gender antara iklan Extra Joss yang tayang pada tahun 2013 dengan iklan Kecap ABC yang tayang pada tahun 2018. Perbedaan tersebut terdapat pada penggambaran karakter dan peran laki- laki dan perempuan.


Keywords


stereotipe gender; iklan; semiotika; media massa

Full Text:

PDF

References


Astuti, Y. D. (2016). Media dan Gender (Studi Deskriptif Stereotip Perempuan dalam Iklan Televisi Swasta. Profetik, 25-31.

Barthes, R. (1964). Elements de Semiologie atau Elemens of Semiologi, terjemahan Annete Lavers dan Colin Smith. New York: Hill and Wang.

Hanifah, U. (2011). Konstuksi Ideologi Gender pada Majalah Wanita (Analisis Wacana Kritis Majalah UMMI . Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 199-220.

Joni, I Dewa Ayu Sugiarica. (2009). Konstruksi Citra Perempuan di Media Massa: Analisis Semiotik terhadap Pencitraan Perempuan dalam Iklan Televisi. Tesis, tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Malinda, Febrimarani. (2011). Konstruksi Makna Perempuan Dalam Iklan Televisi (Analisis Semiotika R. Brathes pada Iklan Televisi AXE Versi Harga Minim). Tesis, tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Moleong. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Mulyana, D. (2008). Komunikasi Massa:Kontroversi, Teori, dan Aplikasi. Bandung:

Widya Padjajaran.

Putri, A.P. (2014). Representasi Citra Perempuan dalam Iklan Shampoo Tresemme Keratin Smooth di Majalah Femina. Jurnal Komunikasi, 134-152.

Rahayu, U.N dan Alfrianto, D.T. (2017). Representasi Citra Laki-Laki dalam Iklan Gatsby Styling Pomade Kajian Semiotika Roland Barthes. Jurnal Media Seni Rekam. 93-107.

Sobur, A. (2002). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: Rosda Karya.

Sunarto, K. (2004). Pengantar Sosiologi Edisi Revisi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Sari, W. P. (2015). Konflik Budaya dalam Konstruksi Kecantikan Wanita Indonesia (Analisis Semiotika Dan Marxist Iklan Ponds Wahite Beatuty Versi Gita Gutawa. Jurnal Komunikasi, 198-206.

Winata, I. N. (2012). Hegemoni Maskulinitas dalam Iklan Minuman Berenergi (Analisis Semiotika TVC Extra Joss dan Kuku Bima Energi-G). Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, Vol.3 No.1, 42-49.

Winarni, R. W. (2010). Representasi Kecantikan Perempuan dalam Iklan. Deiksis, 134- 152.




DOI: https://doi.org/10.32528/bb.v5i2.3349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:(0331)336728 | 337957

Email:belajarbahasa@unmuhjember.ac.id