Perubahan Tingkah Laku Tokoh Saya dalam Novel “Jangan Sisakan Nasi dalam Piring” Karya Kembangmanggis: Perspektif Behaviorisme Skinner

Mufadila Fibiani, Ekarini Saraswati

Abstract


Tingkah laku merupakan rangkaian sebab akibat dari adanya stimulus dan respon. Respon terjadi akibat dari adanya stimulus yang diberikan. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk membedah perubahan tingkah laku tokoh saya melalui stimulus respon yang terjadi dalam novel Jangan Sisakan Nasi dalam Piring karya Kembangmanggis selama tinggal di Ubud, Bali. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Teknik pengumpulan data yang yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi pustaka. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang diawali dengan analisis data, deskripsi hasil klasifikasi, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama tokoh saya tinggal di Ubud, Bali banyak pelajaran hidup yang didapatkannya. Pembelajaran tersebut didapatkan melalui stimulus dan respon yang diterima dan ditunjukkan oleh tokoh saya melalui perspektif behaviorisme Skinner. Adapun perubahan tingkah laku tokoh saya yang ditunjukkan berupa lebih menghargai pemberian, lebih menghargai pekerjaan, dan lebih menghargai orang lain. Menghargai pemberian ditunjukkan dengan adanya stimulus yang diberikan oleh Pak Jumu, Bapak Nangka, dan lingkungan Ubud. Menghargai pekerjaan ditunjukkan dengan adanya stimulus yang diberikan oleh lingkungan, dalam hal ini peristiwa panen. Terakhir, menghargai orang lain ditunjukkan dengan adanya stimulus yang diberikan oleh tokoh Bu Klengis


Keywords


tingkah laku; behaviorisme; skinner; novel

Full Text:

PDF

References


Alifasari, D. (2017). Kepribadian Tokoh Jiwa dalam Novel Lelaki Terakhir yang Menangis di Bumi Karya M Aan Mansyur(Kajian Psikologi Behaviorisme B.F. Skinner). Bapala, 1-12.

Andalas, Eggy Fajar. (2017). Eskapisme Realitas dalam Dualisme Dunia Alice Telaah Psikologi Sastra Film Alice in Wonderland (2010). Kembara, Vol 3 (2).

Astari, S. F., Qomariyah, U., & Andalas, M. I. (2019). Perilaku Tokoh Indigo Dalam Novel Danur Karya Risa Saraswati: Kajian Psikologi Sastra. Jurna Sastra Indonesia , 68-77.

Indayani, A., Sedanayasa, G., & Antari, N. N. (2014). Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Penguatan Positif Sebagai Upaya Untuk Meminimalisasi Perilaku Membolos Pada Siswakelas X.1 Sma Negeri 1 Sawan Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Undiksa, 1-10.

Kharisma, V. (2018). Hegemoni Negara Terhadap Warga Etnis Tionghoa dalam Novel Dimsum Terakhir Karya Clara Ng. Sapala, vol 5(1): 1-9.

Mauludiyah, N., Mudjianto, & Kamal, M. (2012). Kepribadian Tokoh Roda Savitri Darsono Dalam Novel Misteri Sutra Yang Robek Karya S. Mara Gd (Kajian Psikologi Behavioral Tokoh Cerita). Jurnal Sastra Indonesia, 1-10.

Mustaqim. (2017). Paradigma Perilaku Sosial dengan pendekatan behavioristik (Telaah Atas Teori Burrhusm Frederic Skinner). Bapala, 1-10.

Partiningsih. (2018). Kepribadian Behaviorisme Tokoh Anyadalam Novel Critical Eleven Karya Ika Natassa:Kajian Psikologi Skinner. Bapala, 1-10

Ramadhan, M. R. (2019). Dinamika Kepribadian Tokoh Utama Novel Alif karya Taufiqurrahman Al Azizy Tinjauan Psikologi Sastra. Padang: Universitas Andalas.

Ratna, N. K. (2013). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Romadhon. (2015). Perilaku Tokoh Utama Novel Saksi Mata Karya Suparto Brata: Kajian Psikologi Sastra. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Zaini, R. (2014 ). Studi Atas Pemikiran B.F. Skinner Tentang Belajar. Terampil , 118-129.




DOI: https://doi.org/10.32528/bb.v5i2.3273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:(0331)336728 | 337957

Email:belajarbahasa@unmuhjember.ac.id