Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Media Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian untuk mengembangkan buku ajar mata kuliah media pembelajaran di jurusan Tadris Bahasa Indonesia, IAIN Tulungagung. Penelitian ini didasari oleh fakta bahwa hampir tidak ada buku ajar yang secara khusus membahas tentang media pembelajaran bahasa Indonesia. Pada umumnya para Dosen dan Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN Tulungagung menggunakan buku referensi media pembelajaran secara umum. Hal ini membuat subtansi mata kuliah media pembelajaran bahasa Indonesia kurang dapat dipahami dengan rinci. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi model penelitian dan pengembangan Borg dan Gall. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa buku ajar mata kuliah media pembelajaran bahasa Indonesia. Buku ini diujicobakan kepada tim ahli, dosen, dan para mahasiswa. Terdapat dua ahli untuk menguji coba buku ini yaitu ahli media dan ahli materi bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil uji coba diperoleh hasil bahwa buku ini efektif digunakan dalam perkuliahan media pembelajaran bahasa Indonesia. Hal ini juga terlihat dari perbandingan hasil prates maupun pascates setelah menggunakan buku ajar terhadap mahasiswa. Namun, terdapat beberapa revisi untuk memperbaiki isi maupun tampilan buku ajar agar lebih layak digunakan. Revisi dilakukan pada aspek variasi latihan dan tampilan layout bahan ajar. Selain itu, ada penambahan materi tentang jenis-jenis media. Hal ini agar memperkaya wawasan mahasiswa terkait macam media pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asih. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Penerbit Pustaka Setia.
Asyhar, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran: Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Kustandi, C & Bambang S. (2013). Media Pembelajaran; Manual dan Digital Edisi Kedua. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Nurhasanah, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Matematika I untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Mahasiswa PGSD Universitas Kuningan. Diakses pada 1 Maret 2018, dari http://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/download/7017/4892
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Tarigan, H. G. (2008). Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.
Tegeh, I Made, Jampel I., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Supriyanto, D., Ibrahim, M., & Widodo, W., (2017). Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Konsep Dasar IPA S1 PGSD Berorientasi Pembelajaran Quantum. Diakses pada 6 Maret 2018, dari http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD.
Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
DOI: https://doi.org/10.32528/bb.v5i1.3070
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Address:Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia
Phone & Fax:(0331)336728 | 337957
Email:belajarbahasa@unmuhjember.ac.id