Kesalahan Kalimat Bahasa Indonesia dalam Skripsi Mahasiswa

Syamsul Ghufron, Suharmono Kasiyun, Muhammad Thamrin Hidayat

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kesalahan-kesalahan kalimat bahasa Indonesia yang terdapat dalam skripsi mahasiswa PGSD Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah tiga skripsi mahasiswa PGSD Unusa yang diujikan tahun 2019. Data penelitian adalah semua kalimat pada bagian latar belakang dalam ketiga skripsi tersebut. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi, teknik simak, dan teknik catat menggunakan instrumen berupa lembar korpus data. Penganalisisan datanya juga dilakukan secara kualitatif dengan langkah-langkah berikut: membaca dengan cermat data kalimat demi kalimat pada lembar korpus data, mengidentifikasi dan mengklasifikasi kalimat berdasarkan kesalahannya, dan merumuskan simpulan terkait dengan kesalahan kalimat dalam skripsi mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam skripsi mahasiswa terdapat 44% kalimat yang menyimpang dari kaidah penyusunan kalimat. Dalam penelitian ini ditemukan lima macam kalimat yang salah berdasarkan penyebabnya yakni (1) kalimat tidak gramatikal, (2) kalimat tidak padu, (3) kalimat tidak hemat, (4) kalimat tidak logis, dan (5) kalimat tidak cermat.  Dari kelima jenis kesalahan kalimat tersebut, yang paling banyak adalah kalimat tidak gramatikal yang mencapai 51% dan kalimat tidak cermat yang berjumlah 27%.




Keywords


kesalahan; kalimat; skripsi; mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, S., Arsyad, M.G., Ridwan, S.H. (1998). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Amir, S.P.( 2018). Analisis Kesalahan Kalimat dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII MTs Nurul Islam Bondowoso (Skripsi) Universitas Jember. Diakses 15 Januari 2020, dari http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89297

Ariningsih, N.E., Sumarwati, Saddhono, K. (2012). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal BASASTRA, 1 (1), 40—53.

Ayudia, Suryanto, E., Waluyo, B. (2016). Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Laporan Hasil Observasi pada Siswa SMP. Jurnal BASASTRA, 4 (1), 34—49.

Ayunia, F. H. (2019). Pengaruh Media Wayang Kartun terhadap Menyimak Dongeng Siswa Kelas II B SDN Pepelegi 2 Sidoarjo (Skripsi) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.

Birillina, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian di Kelas III SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya (Skripsi) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.

Chaer, A. (1994). Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ghufron, S. (2015). Kesalahan Berbahasa: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ombak.

Masruroh, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA dengan Materi Zat Tunggal dan Campuran Kelas V SDN Bebekan Kabupaten Sidoarjo (Skripsi) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.

Nisa, K & Suyitno, I. (2017). Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Teks Terjemahan Mahasiswa. Jurnal BASINDO, 1 (1), 1—13.

Nurhayatin, T., Inggriyani, F., Ahmad, A. 2018. Analisis Keefektifan Penggunaan Kalimat dalam Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. JPSD, 4 (1), 102—114.

Razak, A. (1992). Kalimat Efektif: Struktur, Gaya, dan Variasi. Jakarta: PT Gramedia.

Sainik, P.C. & Zamzani. (2015). Analisis Kesalahan Kalimat pada Karangan Berbahasa Indonesia Mahasiswa di Jawaharlal Nehru University New Delhi, India. Jurnal LingTera, 2 (1), 51—60.

Septria, F., Agustina, Ngusman. (2016). Kesalahan Kalimat Bahasa Indonesia dalam Teks Anekdot Karya Siswa Kelas X SMAN 1 Gunung Talang Kabupaten Solok. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5 (2), 109—116.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumowijoyo, G.S. (2000). Pos Jaga Bahasa Indonesia. Surabaya: Unipress Universitas Negeri Surabaya.

Syafi’ie, I. (1984). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Menulis Mahasiswa Tiga IKIP di Jawa (Disertasi) IKIP Malang.

Utami, P. S. N. (2018). Analisis Kesalahan Keefektifan Kalimat pada Teks Biografi Karangan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 158 Jakarta. Jurnal AKSIS,. 2 (2), 190—201.

Wibowo, W. (2007). Menjadi Penulis & Penyunting Sukses. Jakarta: Bumi Aksara.

Yahya, M., Andayani, Saddhono, K. (2018). Studi Kesalahan Penulisan Kalimat dalam Karangan Pelajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA). Jurnal DIALEKTIKA, 5 (1), 1—20.

Yulianto, B. (2008). Aspek Kebahasaan




DOI: https://doi.org/10.32528/bb.v5i1.3067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:(0331)336728 | 337957

Email:belajarbahasa@unmuhjember.ac.id