Pendidikan Karakter dalam Cerita Gadis Pengusaha Korek Api Karya Watiek Ideo

Endah Imawati

Abstract


Anak membutuhkan bacaan yang tidak hanya penting, tetapi juga menarik. Peranan bacaan anak dalam pembentukan karakter anak sangat penting. Pendidikan karakter dibutuhkan sebagai dasar pendidikan di Indonesia. Bacaan itu harus menarik tanpa berkesan menggurui. Dongeng klasik yang sering dibaca atau didengar anak kadang-kadang meninggalkan kesan menyedihkan karena sang tokoh tidak berdaya. Dalam cerita “Gadis Pengusaha Korek Api” karya Watiek Ideo, tokohnya justru dibuat berdaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi perjuangan tokoh utama dalam meraih yang diinginkannya. Anak memerlukan proses untuk meraih cita-cita. Perjuangan itu membutuhkan kreativitas dan kerja keras. Yang menjadi penelitian ini adalah cerita “Gadis Pengusaha Korek Api” yang dibuat berdasarkan cerita klasik “Gadis Penjual Korek Api” karya H.C. Andersen, dengan berdasarkan tiga komponen karakter baik, yaitu moral knowing, moral feeling, dan moral action yang diprakarsai Thomas Lickona. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan teknik analisis isi. Pendekatan yang digunakan adalah konsep sastra anak dan pendidikan karakter. Pendidikan karakter untuk anak lebih mudah dipahami melalui cerita bergambar. Tiga komponen karakter baik itu ditemukan tokoh melalui proses yang cerdik. Kecerdikan itu yang menjadikan pesan dalam buku dipahami pembaca. Tokoh utama menunjukkan kegigihan mencapai cita-cita dan tidak mau menderita seperti tokoh dalam dongeng klasik. Strategi yang dia lakukan berhasil mendatangkan keuntungan materi dan memiliki banyak teman baru. Dalam perspektif kewirausahaan, itu menjadi contoh sederhana.


Keywords


Kata Kunci : pendidikan karakter; moral; sastra anak

Full Text:

PDF

References


Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, & Purwanto. (2017). Pengembangan nilai-nilai karakter anak usia dini melalui pembiasaan dan keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6, 203-213.

Faidah, C.N. (2018). Dekonstruksi sastra anak: mengubah paradigma kekerasan dan seksualitas pada karya sastra anak Indonesia. Jurnal Kredo, 2, 198-203.

Goga, N. (2018). Ecocritical perpectives on children's texts and cultures. Switzerland: Palgrave Macmillan.

Hunt, P. (2001). Children’s literature. Massachusetts: Blackwell Publisher Inc.

Ideo, W. (2014). Kumpulan dongeng nyentrik, asyik, dan menggelitik. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Irawati, R.P. & Purwani, N. (2013). Nilai-nilai moralitas dan budaya asing dalam sastra anak terjemahan melalui pemaknaan sastra anak oleh anak. Lingua, 9, 45-55.

Juanda. (2018). Revitalisasi nilai dalam dongeng sebagai wahana pembentukan karakter anak usia dini. Jurnal Pustaka Budaya (5) 11-18.

Khaironi, M. (2017). Pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, (1) 82-89.

Kurniawan, H. (2009). Sastra anak. Jogjakarta: Graha Ilmu.

Lestari, R.F. (2019). Wujud budaya dan pendidikan karakter dalam cerita rakyat Watu Dodol. Belajar Bahasa, 4, 161-240.

Lickona, T., E. Schaps, & C. Lewis. (2003). Eleven principles of effective character education. Washington, D.C.: Character Education Partnership.

Nurgiyantoro, B. (2005). Sastra anak. Jogjakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurgiyantoro, B. (2010). Sastra anak dan pembentukan karkater. Cakrawala Pendidikan, Edisi Khusus Dies Natalis UNY. Mei. XXIX

Sarumpaet, R.K.T. (2010). Pedoman penelitian sastra anak. Jakarta: Yayasan Penerbit Obor.

Sarumpaet, R.K.T. (2018). Sastra dan pembentukan karakter: antara perkara "yang mulia" dan tak-cerita. Hakikat ilmu pengetahuan budaya. R.S. Hidayat (ed.). Jakarta: Buku Obor.

Suyatno. (2009). Menjelajah pembelajaran inovatif. Surabaya: Masmedia Buana Pustaka.

Suyatno. (2009). Struktur narasi dan kohesi novel karya anak. Surabaya: Jaring Pena.

Vardani, E.N.A. (2018). Penanaman nilai-nilai karakter Islam dalam cerpen aku ingin emak masuk surga karya Maiyade Laila Yane. Belajar Bahasa, 3, 23-37.

Zizek, S. (2008). The sublime object of ideology. London: Verso.




DOI: https://doi.org/10.32528/bb.v5i1.3034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:(0331)336728 | 337957

Email:belajarbahasa@unmuhjember.ac.id