Analisis Trauma Masa Lalu Tokoh Sari dalam Novel “Wanita Bersampur Merah” Karya Intan Andaru: Kajian Psikologisastra

Ika Nurdayana, Ekarini Saraswati

Abstract


Penelitian ini memiliki tiga tujuan pertama, menguraikan trauma masalalu yang  dialami oleh tokoh Sari.  Kedua, mendeskripsikan  bentuk trauma yang dialami tokoh Sari. Ketiga, menganalisis bentuk penguatan yang terdapat dalam novel “Wanita bersampur Merah”. Untuk mengupas permasalahan  trauma yang dialami oleh tokoh Sari dalam novel “Wanita Bersampue Merah”   digunakan  pendekatan psikologisastra dengan konsep psikologi Behaviorisme Skinner . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif.Teknik yang digunakan  padaadalah teknik baca catat,serta  analisis data yang digunakan adalah deskriptif analitik. Sumber data pada penelitian ini yaitu, novel “Wanita Bersampur Merah”  Hasil penelitian ini   ditemukan sub pembahasan pertama, ditemukan  dua faktor  yang melatarbelakngi trauma yang dialami oleh tokoh Sari yakni , (1) Pembunuhan , (2) Diskriminasi. Kedua  ditemukan bentuk trauma yang dialami oleh tokoh Sari yakni, (1) Ketakutan Pada Dunia Luar, (2) Kecemasan Tokoh Sari pada Bahaya yang ditemui  pada  masalalunya. Ketiga,  ditemukan du bentuk penguatan  yang  ada pada diri tokoh sari untuk memulihkan trauma masa kecilnya yakni, (1) Penguatan positif, (2) Penguatan Positif bersifat tetap.


Keywords


Trauma; Penguatan; Psikologi Sastra; Behaviorisme

Full Text:

PDF

References


Alwisol, (2016). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Pres.

Association, A. P., (1994). Diagnostic and statistical manual of mental disorder. Fourth Edition ed. Washington DC: Washington DC: Author.

Elisaa, N. E. W. S., (2016). Kajian Psikologi Sastra Dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Ibuk Karya Iwan Setyawan Serta Relevansinya Sebagai Bahan Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di SMP. BASASTRA , Volume Vol.4, No.2, pp. 34-44.

Faruk, (2017). Pengantar Sosiologi Sastra. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Fiest, G. F., 2017. Teori Kepribadian.. Jakarta Selatan : Salemba Humanika.

Hanurawan, F., (2011). Psikologi Sosial Terapan dan Masalah-Masalah Perilaku Sosial. Malang : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Kohlberg & L., H. R., (1997). Moral Development: A Review of the Theory. Theory into Practice. Moral Development., Volume 4,2, p. 3.

Nofitra, M. H., (2017). Kajian Psikoanalisis Dalam Novel Pria Terakhir Karya gusnaldi. Jurnal Pendidikan Rokania, pp. 70-89.

Ratna, N. K., (2012). Teori ,Metode,dan, Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rokhmansyah, (2014) . Studi dan Pengkajian Sastra Perkenalan Awal terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Rokhmansyah, A., (2014). Studi dan Pengkajian Sastra: perkenalan awal terhadap ilmu sastra.. 1 ed. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syifa, L. U., (2015). Dampak Psikologis Tokoh Sumida Yuchi Dan Ma-kun Pasca Gempa Bumi dan Tsunami Sendai 2011 Dalam Film Himizu Karya Sutradara Sono Sion. Skripsi , pp. 1-7.

Tentama, F. ". J. P. U. 1. (. 1.-1., (2014). Dukungan Sosial Dan Post-Traumatic Stress Disorder Pada Remaja Penyintas Gunung Merapi.. Jurnal Psikologi Undip, 13(2), pp. 133-138.

Umi, K., (2014) . Hubungan Dukungan Sosial Dan Trait Kecemasan Dengan Trauma Pada korban Perdangan Manusia. Jurnal Sais Dan Praktik Psikologi , pp. 2(3), 243-255.

Walgito, B., (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Penerbit Andi.




DOI: https://doi.org/10.32528/bb.v5i2.3011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:(0331)336728 | 337957

Email:belajarbahasa@unmuhjember.ac.id