Media Internet dan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi

Rahayu Pujiastuti, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Peserta didik kelas X Jasa Boga 3 (X-JB3) SMK Negeri 6 Surabaya mengalami tiga permasalahan pada pembelajaran menyusun teks eksposisi, yaitu kesulitan (1) menemukan ide; (2) mengatur urutan peristiwa yang akan dikembangkan; (3) mengembangkan urutan peristiwa menjadi teks eksposisi. Dari 35 peserta didik, hanya 20 atau 57% yang dapat mencapai KBM 70. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi peserta didik kelas X-JB 3 di SMK Negeri 6 Surabaya melalui media internet dan peta konsep. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi dan evaluasi, serta (4) refleksi. Subjek penelitian 35 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan penilaian nontes. Penganalisisan data menggunakan persentase dan deskripsi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa media internet dan peta konsep dapat meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi peserta didik kelas X-JB 3 di SMK Negeri 6 Surabaya. Peningkatan proses pembelajaran terlihat dari aktivitas peserta didik 78,7% pada siklus 1 menjadi 89,8% pada siklus 2. Peningkatan hasil pembelajaran terlihat dari kemampuan menulis teks eksposisi 71,4% pada siklus 1 menjadi 88,2% pada siklus 2.

Keywords


Media internet; peta konsep; eksposisi

Full Text:

PDF

References


Alifah, A. dan Setyaningrum, T.A. (2019). Media peta konsep pohon jaringan dalam pembelajaran menulis teks berita berbahasa Jawa. Jurnal Sendika. Vol. 1, No. 1, hal. 415―424

Buzan, T. (2012) Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Fitria, F. Dan Listari. (2017) Penerapan media pembelajaran google drive dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra, vol. 2, no. 1, April 2017, hal 138―144.

Kemendikbud. (2013) Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan (Buku Siswa). Jakarta: Kemendikbud RI.

Hendrianto, D. E. (2014) Pembuatan sistem informasi perpustakaan berbasis website pada sekolah menengah pertama 1 Donorejo Kabupaten Pacitan. Indonesian Journal on Networking and Securrrity, vol. 3, no. 24. ISSN: 2302-5700 (Print), 2354-6654 (Online), hal 57―64.

Kosasih, E. (2012). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Yrama Widya.

Marahimin, I. (2010). Menulis secara Populer. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.

Maskurun dan Basiran. (2019). Bahasa Indonesia X-A untuk SMK/MAK dan SMA/MA. Yogyakarta: LP2IP.

Munir, (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta

Pribadi, B. A., dan Delfy, R. (2015). Implementasi strategi peta konsep (concept mapping) dalam program tutorial teknik penulisan artikel ilmiah bagi guru”. Jurnal Pendidikan Universitas Terbuka dan Jarak Jauh. Vol. 16, No. 2. ISSN e-ISSN 2442-2266, 1411-304X (Print), hal. 76―88.

Strauss, J. & Frost, R. (2014). E-Marketing (7th edition). New Jersey: Pearson Education.

Suherli, Suryaman, M., Septiaji, A. dan Istiqomah (2017). Bahasa Indonesia: Buku Guru untuk SMA/SMK/MA Kelas X. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Utami, S., & Murniasih, M. (2016). Peningkatan keterampilan menyusun teks eksplanasi dengan metode peta konsep berbantuan media video peristiwa alam bagi peserta didik kelas VII C SMP Negeri 1 Tawangharjo Kabupaten Grobogan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), p-ISSN 2252-6722 e-ISSN 2503-3476, hal. 54―61.




DOI: https://doi.org/10.32528/bb.v5i1.2773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:(0331)336728 | 337957

Email:belajarbahasa@unmuhjember.ac.id