WUJUD BUDAYA DAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT WATU DODOL

Riska Fita Lestari

Abstract


Cerita rakyat sangat perlu dipahami oleh masyarakat atau generasimuda karena di dalamnya memuat berbagai hal tentang budaya masyarakat tempat karya sastra itu hidup.Peran teknologi informasi dan komunikasi pada era digital saat ini tidak dapat dipungkiri telah menggeser peran orang tua dalam mendidik putra-putrinya, khususnya dalam hal pembentukan karakter. Kebiasaan orang tua zaman dahulu mendongengkan cerita rakyat menjelang tidur anak,diakui atau tidak telah semakin ditinggalkan. Sementara instrumen canggih yang bernama internet begitu banyak menawarkan berbagai informasi, pengetahuan, dan budaya tanpa adanya filter. Internet dan televisi terposisikan sebagai guru, namun tanpa memiliki rasio dan rasa. Anak bebas memilih yang baik atau pun yang buruk tanpa pujian, dorongan, atau pun ancaman dan hukuman. Kondisi ini patut diduga menjadi faktor yang berpengaruh terhadap lunturnya standar moral yang berakar pada nilai-nilai lokal. Dalam kondisi demikian, sekolah diharapkan menjadi tempat menggantungkan harapan untuk membentuk karakter anak sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa. Berkaitan dengan hal tersebut, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan Struktur  cerita rakyat Banyuwangi, Aspek Antropologi Budaya cerita rakyat Banyuwangi, Nilai pendidikan karakter cerita rakyat Banyuwangi, Relevansi cerita rakyat Watu Dodol dengan pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar.


Keywords


cerita rakyat Watu Dodol, antropologi sastra, pendidikan karakter, bahan ajar

Full Text:

PDF

References


Danandjaja, James. 1984. Folklor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain-lain. Jakarta: Grafiti.

Djajasudarma, Darma. 1999. A Foral Datum Sastra. Jakarta: CV. Rajawali.

Duranti, Allessandro (ed.). 2001. Linguistic Anthropology: a Reader. Oxford: Blackwell Publishers.

Endraswara. Suwardi. 2012. Budi pekerti dalam budaya jawa. Yogyakarta:Anindita.

Fananie, Zainuddin. 2001. Telaah Sastra. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Foley, William A. 1997. Anthropological Linguistics: an Introduction. Oxford: Blackwell Publishers.

Hymes, Dell (ed). 1964. Language in Culture and Society: a Reader in Linguistics and Anthropology. New York: Harper and Row.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Koentjaraningrat. 1984. Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia.

Nurgiyantoro, Burhan. 2002. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada. University Press.

Poyatos, Fernando. 1978. “Introduction: the Genesis of Literary Anthropology” (dalam Literary Anthropology: a New Interdisciplinary Approach to People, Signs, and Literature, Fernando Poyatos, ed., Amsterdam: John Benjamins Publishing Company, hlm. xi—xxiii).

Rippere, Victoria L. 1970. “Towards an Anthropology of Literature” (dalam Strucruralism, Jacques Ehrnmann, ed., New York: Anchor Books, hlm. 231—238).

Salzmann, Zdenek. 1998. Language, Culture, and Society: an Introduction to Linguistic Anthropology. Colorado and Oxford: Westview Press.

Ratna, Nyoman Kutha 2008. Teori Metode dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Soekanto, Soerjono. 1990. Antropologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sudjana, Nana. 2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Suryaman, Maman. 2010. Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sastra. Cakrawala Pendidikan tahun XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY:112-126

Wellek, Rene dan Austin Warren. 1993. Teori Kesusastraan. (di Indonesiakan oleh Melani Budianata). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.32528/bb.v4i2.2559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 BELAJAR BAHASA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:(0331)336728 | 337957

Email:belajarbahasa@unmuhjember.ac.id