EFEKTIVITAS PEMODELAN DAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Rahayu Pujiastuti, Luluk Isani Kulup

Abstract


Tujuan penelitian ini mendeskripsikan (1) penerapan pemodelan dan pembelajaran berbasis projek pada mata kuliah Perencanaan PBSI untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa menyusun RPP, (2) peningkatan hasil belajar mahasiswa untuk menyusun RPP setelah menggunakan pemodelan dan pembelajaran berbasis projek, dan                     (3) respon mahasiswa setelah menggunakan pemodelan dan pembelajaran berbasis projek untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa menyusun RPP. Subjek penelitian ini adalah dosen pada mata kuliah pada mata kuliah Perencanaan PBSI dan mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, tes, dan angket. Untuk analisis data digunakan persentase dan deskripsi. Hasil penelitian memberi informasi tiga hal, yaitu (1) terjadi peningkatan penerapan pemodelan dan pembelajaran berbasis projek pada mata kuliah Perencanaan PBSI untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa menyusun RPP; tampak pada aktivitas dosen dan aktitas mahasiswa dari kriteria ‘baik’ pada menjadi ‘sangat baik’; (2) terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa untuk menyusun RPP setelah menggunakan pemodelan dan pembelajaran berbasis projek dari kriteria ‘cukup’ menjadi ‘baik’; (3) terjadi peningkatan respon mahasiswa setelah menggunakan pemodelan dan pembelajaran berbasis projek untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa menyusun RPP dari kriteria ‘cukup’ menjadi ‘baik’.

 


Keywords


RPP, pemodelan, pembelajaran berbasis projek.

References


Baker, E., Breanna T., Patricia O., Margaret., Lynne F. (2011). Project-based Learning Model, Relevant Learning for the 21st Century. Washington: Pacific Education Institute.

Grant, M.M. (2002). Getting A Grip of Pembelajaran Berbasis Projek: Theory, Cases and Recomandation. North Carolina: Meredian a Middle School Computer Technologies. Journal vol 5.

Klein, J.I., Santiago T., Sabrina H. K., Anna C., Linda C., Barbara R. (2009). Project-Based Learning: Inspiring Middle School Student to Engage in Deep and Active Learning. New York: NYC Departement of Education.

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Pasal 10 (Ayat 1). Jakarta: Depdiknas

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.

Mulyasa, E. (2008). Menjadi Guru Profesional(Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhadi. (2005). Pendekatan Kontekstual. Malang: Universitas Negeri Malang.

Priyatni, Endah Tri. 2002. “Penerapan Konsep dan Prinsip Pengajaran dan Pembelajaran dan Pembelajaran Kontekstual dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Dalam Kumpulan Materi TOT CTL Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. Jakarta: Depdiknas

Safardi. (2009). “Meningkatkan Kemampuan Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui Focus Discussion pada SMAS Muhammadiyah Pekanbaru”. Tesis. Tidak Dipublikasikan. Program Pascasarjana Magister Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

The George Lucas Educational Foundation. 2005. Instructional Module Project Based Learning. (Http//www.edutopia. org.modules/PBL/whatpbl.php). Diunduh 25 November 2018. Pukul 12.00 WIB.

Wijaya. (2011). “Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui Supervisi Klinis dan Implikasinya terhadap Pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Wlingi Kabupaten Blitar. Tesis. Tidak Dipublikasikan. Universitas Muhammadiyah Malang.




DOI: https://doi.org/10.32528/bb.v4i1.1871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 BELAJAR BAHASA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:(0331)336728 | 337957

Email:belajarbahasa@unmuhjember.ac.id