KUALITAS BAHAN AJAR KETERBACAAN BERORIENTASI DIRECT INSTRUCTION

Idhoofiyatul Fatin, Sofi Yunianti

Abstract


Bahan ajar keterbacaan berorientasi direct instruction adalah bahan ajar yang dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan Fenrich. Orientasi direct instruction dalam bahan ajar didominasi dengan penggunaan tahapan DI yang dikembangkan oleh Eggen dan Kauchak. Tahapan tersebut terdiri atas introduksi, presentasi, latihan terbimbing, dan latihan mandiri. Selanjutnya, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas bahan ajar yang terdiri atas kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Untuk mengetahui kualitasnya, bahan ajar diuji cobakan pada mahasiswa PBSI FKIP UMSurabaya dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Sejalan dengan metode, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Berdasarkan hasil pembahasan, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar memiliki rata-rata persentase sebesar 80%. Presentase tersebut diintepretasikan menjadi valid atau layak. Untuk kepraktisan, bahan ajar dinilai 83% atau sangat baik oleh mahasiswa. Selanjutnya, ketuntasan hasil belajar siswa juga mnunjukkan tuntas atau semua mahasiswa dapat menyelesaikan tugas dengan baik. 

 


Keywords


pengembangan bahan ajar, keterbacaan, kualitas

References


Fadilah, Rohana dan Maria Mintowati. 2015. “Buku Teks Bahasa Indonesia SMP dan SMA Kurikulum 2013 Terbitan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan 2014”. Dalam Jurnal Pena Indonesia (JPI): Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, Dan Pengajarannya. Volume 1, Nomor 1, Maret 2015, ISSN 22477-5150. Online. http://journal.unesa.ac.id/index.php/jpi/article/view/13.

Fatin, Idhoofiyatul. 2017. “Keterbacan Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X Hurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 dengan Formula Fry”. Dalam Jurnal Belajar Bahasa. Volume 2 No. 1, Februari 2017, ISSN 2502-5864, E-ISSN: 2503-0329. Online. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BB/article/view/643/517.

Handayani, Sri. 2014. “The Readibility of Science: Student’s Book for Junior High School Year VIII Viewed From The Lexis and Grammatical Aspects (A Content Analysis of Science Lesson of Junior High Schools of Surakarta”. In Macrothink Institute. Volume 6 No.1, 2014, ISSN 1948-5425. Online. http://www.macrothink.org/journal/index.php/ijl/article/viewFile/5168/pdf_63.

Kondur, J. 2006. Using part of speech structure of Text in the Prediction of its Readability. Unpublished Thesis Magister. University of Texas, Arlington, U.S. Retrieved 13 February 2019. https://search.proquest.com/docview/304903996/abstract.

Nieveen, Nienke. 1999. Design Approaches and Tools in Edication and Training. Netherland: Kluwer Academic Publisher.

Richards, J. C. Platt. J., & Plat, H. 1992. Longman Dictionary of Language Teaching and Applied Linguistics. London: Longman.

Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sulistyaningsih, Evi. 2013. “Pengembangan Prototipe Bahan Ajar Bahasa Indonesia dengan Model Literasi Melalui Web untuk SMA Kelas X”. Tesis Magister, Universitas Negeri Surabaya.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta :Prestasi Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.32528/bb.v4i1.1866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 BELAJAR BAHASA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:(0331)336728 | 337957

Email:belajarbahasa@unmuhjember.ac.id