PEMEROLEHAN KOSAKATA SISWA PAUD AL-ISTIQLAL DENGAN STRATEGI PENGGUNAAN BENTUK NONVERBAL
Abstract
Pemerolehan bahasa tentunya dimulai sejak dini, dapat berbahasa ada prosedur yang harus dilakukan. Prosedur yang pertama harus belajar kosa kata. kosa kata yang dimiliki anak Paud Al Istiqlal terbilang masih sedikit, guru kelasnya yang mengatakan. Banyak atau sedikitnya kosakata anak dipengaruhi oleh faktor keluarga dan lingkungannya. Salah satu cara agar anak mendapatkan kosa kata dengan cara memberikan gambar dan mengenalkan nama gambar. Tujuannya adalah mengetahui pemerolehan kosakata siswa dengan penggunaan bentuk nonverbal (gambar). Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data adalah hasil gambar yang telah dijawab oleh siswa yang berjumlah 12 orang. Teknik pengumpulan data dengan penugasan. Teknik penganalisisan data dengan pereduksian data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan ketekunan pengamat. Berdasarkan hasil penelitian yaitu dari tema bandara, bulan, jalan, kapal bajak laut, pertanian dan laut siswa dapat menjawab atau memperoleh kosa kata yang sering mereka jumpai di lingkungan sekitar. Mereka dapat menyebutkan nama gambar dikarenakan mereka pernah tahu gambar itu sekilas entah di buku, di jalan, atau dimanapun. Berbeda dengan anak yang tidak dapat menjawab, mereka mengatakan tidak tahu gambar tersebut dan tidak pernah melihat sebelumnya sehingga tidak dapat menyebutkan. Jadi, pemerolehan bahasa setiap anak berbeda-beda, hal ini dikarenakan bedanya status sosial, keluarga, dan lingkungan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Candrasari, Liring Ayu. 2014.Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun di Desa Gembong Kecamatan BelikKabupaten Pemalang: Kajian Psikologi.(http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29874). Diakses tanggal 27 Agustus 2018.
Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: GramediaPustaka Utama.
Mahsun. 2011. Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta:PT RajaGrafindo Persada.
Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian dan Pembangunan. Surakarta: Kencana Prenada Media Group.
Soejito dan Saryono, Djoko. 2011. Kosakata Bahasa Indonesia. Malang:Aditya Media Publishing.
Werdiningsih, Dyah. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Anak. Jakarta: Nirmana Media.
Yanti, Prima Gusti. 2016.Pemerolehan Bahasa Anak: Kajian Aspek Fonologi Pada Anak Usia 2-2,5 Tahun. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI-Vol.11, No.2, Desember 2016. journal.unj.ac.id/unj/index.php/jiv/article/download/3660/2692/.Diakses tanggal 28 September 2018.
DOI: https://doi.org/10.32528/bb.v4i1.1864
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 BELAJAR BAHASA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Address:Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia
Phone & Fax:(0331)336728 | 337957
Email:belajarbahasa@unmuhjember.ac.id