PENERAPAN MODEL STAD BERBANTUAN MEDIA DATA INFORMASI DARI INTERNET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA

Agung Pramujiono, Fadhilah F

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis teks berita peserta didik kelas VIII-K SMPN 22 Surabaya melalui penerapan model STAD berbantuan media data informasi dari internet. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-K yang berjumlah 38 orang. Lokasi penelitian di SMPN 22 Surabaya. Dalam PTK ini digunakan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi-evaluasi, dan releksi. Dalam pengumpulan data digunakan teknik observasi dan tes, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif dan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil observasi dapat diketahui bahwa dalam pelaksanaan PTK guru sudah melakukan aktivitas pembelajaran sesuai dengan rencana perbaikan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data kuantitatif dapat diketahui rerata skor kemampuan menulis teks berita peserta didik menunjukkan adanya peningkatan. Pada kondisi awal rerata skor kemampuan menulis teks berita sebesar 77,33 dengan pencapaian KKM 68,42%; siklus I rerata skor sebesar 84,98 pencapaian KKM sebesar 78,95%; siklus II rerata skor sebesar 87,76% pencapaian KKM 100. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan model STAD berbantuan media data informasi dari internet dapat meningkatkan kemampuan menulis teks berita peserta didik kelas VIII-K SMPN 22 Surabaya.


Keywords


model STAD, media data informasi dari internet, kemampuan menulis teks berita

Full Text:

PDF

References


Arends, R.I. 1997. Classroom Instruction and Management. USA: McGraw Hill.

Elisa, S., Matsum, J.H., dan Warneri. 2015. “Efektivitas Penerapan Model STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa IX AK SMK” dalam jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article diunduh 20 September 2018 Pkl 20.00.

Kusumaningrat, H. dan Kusumaningrat, P. 2006. Jurnalistik Teori & Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hastuti, E.F. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpendapat” dalam https://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/pesona/article/ diunduh 20 September 2018 Pkl 20.15.

Nur, M. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Depdiknas.

Pramujiono, A. 2010. Menulis PTK itu Gampang: dari Teori sampai Praktik. Surabaya: Adi Buana University Press.

Slavin, R.E. 2008. Cooperative Learning Theory, Research, and Practice. Boston: Allyn and Bacon.

Sumarni dan Susanti, N. 2016. “Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Perencanaan Pembelajaran ekonomi di STKIP PGRI SUMBAR” dalam Economica Journal Economic and Economical Education Vol 4 No. 1 (109-123) Tahun 2016 dalam https://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/pesona/article/ diunduh 20 September 2018 Pkl 20.30.

Suyanto dan Jihad, A. 2013. Menjadi Guru Profesional Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Esensi.

Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.




DOI: https://doi.org/10.32528/bb.v4i1.1863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 BELAJAR BAHASA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Address:Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:(0331)336728 | 337957

Email:belajarbahasa@unmuhjember.ac.id