ANALISIS TEMA NASIONALISME PENDIDIKAN PADA TULISAN CERITA SISWA SMA
Abstract
Penelitian ini ingin menemukan kemampuan menulis cerita siswa kelas X SMA Aji Kuning Kecamatan Sebatik Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara melalui Pembelajaran dengan Tema Nasionalisme. SMA Aji Kuning merupakan sekolah di perbatasan Indonesia-Malaysia, dan sebagian besar siswanya merupakan anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia. Interaksi siswa perbatasan Indonesia-Malaysia bercampur kebudayaan sehingga rentan terjadinya penggerusan nasionalisme, sehingga pembelajaran dilakukan dengan inovasi, salah satunya pembelajaran menulis dengan memanfaatkan film bertema nasionalisme. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bersifat naturalistic dengan metode wawancara, pra lapangan, uji lapangan, analisis data serta evaluasi pelaporan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bersifat naturalistic dengan metode wawancara, pra lapangan, uji lapangan, analisis data serta evaluasi pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tulisan cerita siswa Aji Kuning Sebatik mengandung tema nasionalisme pendidikan. Penelitian ini menghasilkan karya siswa dalam menuliskan karangan narasi yang disesuaikan dengan lingkungan sekitar mereka. Dari hasil penelitian menghasilkan kemampuan menulis karangan narasi bertema nasionalisme yang disesuaikan dengan lingkungan sekitar mereka, selain itu penelitian ini menghasilkan buku dasar-dasar menulis karangan narasi khusus untuk sekolah menengah atas.
Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Nasionalisme, Pendidikan, Perbatasan.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.32528/bb.v3i1.1111
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 BELAJAR BAHASA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Address:Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia
Phone & Fax:(0331)336728 | 337957
Email:belajarbahasa@unmuhjember.ac.id