Pemanfaatan Potensi PGPR Dari Akar Bambu Dan Pemberian Pupuk Kandang Sapi Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Kedelai Edamame (Glycin max (L.) Merrill)

Frestika Wanantari, Bejo Suroso, Insan Wijaya

Abstract


Permasalahan yang timbul dari budidaya kedelai Edamame yaitu pengembangannya sangat padat modal dengan masukan yang tinggi baik pupuk, pestisida dan bahan lain-lainnya, sehingga hal ini mengakibatkan biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi sangat tinggi dan produk yang dihasilkan dimungkinkan mengandung residu kimia yang tinggi. Selain itu, produksi yang kurang maksimal serta kesuburan tanah yang kurang membuat produksi hasil edamame rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi PGPR, dosis pupuk kandang sapi, dan interaksi antara konsentrasi PGPR dan dosis pupuk kandang sapi terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai edamame (Glycin max (L.) Merrill). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2021 – Januari 2022 di Lahan Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jember. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Faktorial (RAKF) yang terdiri dari dua faktor. Dua faktor tersebut yaitu konsentrasi PGPR (P) dalam 4 taraf, yaitu : P0 = 0 ml/lt, P1 = 40 ml/lt, P2 = 80 ml/lt, P3 = 120 ml/lt dan dosis pupuk kandang sapi (K) dalam 3 taraf, yaitu K0 = 0 gr/plot, K1 = 4000 gr/plot, K3 = 6000 gr/plot yang masing – masing diulang 3 kali. Hasil penelitian menunjukkan perlakuan konsentrasi PGPR dan dosis pupuk kandang sapi berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman edamame, dan terdapat interaksi antara perlakuan konsentrasi pemberian PGPR dan dosis pemberian pupuk kandang sapi

Keywords


Kedelai edamame (Glycin max (L.) Merrill), Konsentrasi PGPR, Dosis pupuk kandang sapi.

References


Azzamy. 2015. Pengertian dan Fungsi PGPR (Plant Growth Promoting Rhizobacteria). Diakses dari (http://mitalom.com/pengertian-dan-fungsi- pgprplant-growth-promoting-rhizobacteria/) pada tanggal 27 April 2018.

Febriyanti, L.E., Mintarto Marsosudiro dan T. Hadiatono. 2015. Pengaruh PGPR Terhadap Infeksi Peanut Stripe Virus (PStV), Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.) Varietas Gajah. Jurnal HPT. Vol. 3 No. 1 ISSN 2338-4336. Jurusan HPT Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya.

Hermawan, A. 2002. Pengaruh Pemberian Kompos Isi Rumen-Abu Sekam Padi dan Pupuk NPK terhadap Beberapa Karakteristik Kimia Tanah Ultisols dan Keragaan Tanaman Kedelai. Jurnal Tanah Tropika 15:7-13.

Lingga, P., 2008. Petunjuk Penggunaan Pupuk. Penebar Swadaya, Jakarta. Marsono dan P. Sigit. 2000. Pupuk Akar Jenis dan Aplikasinya. Jakarta: Penebar

Swadaya.

Marwoto dan Suharsono. 2008. Strategi dan Komponen Teknologi Pengendalian Ulat Grayak (Spodoptera litura Fabricius) pada Tanaman Kedelai. Jurnal Litbang Penelitian. 27(4).

Mayadewi dan Ari. 2007. Pengaruh Jenis Pupuk Kandang dan Jarak Tanam Terhadap Pertumbuhan Gulma Hasil Jagung Manis. Jurnal Agritrop 26 (4)

.

Melati, M. dan W. Andriyani. 2005. Pengaruh Pupuk Kandang Ayam dan Pupuk Hijau Calopogonium mucunoides terhadap Pertumbuhan dan Produksi Kedelai Panen Muda yang Dibudidayakan Secara Organik. Bul. Agron. 33(2):8-15.

Ni Ketut Sudarmini et al. 2015. Pengaruh Kompos Kotoran Sapi dan Mulsa Jerami Padi terhadap Pertumbuhan dan Hasil Polong Muda Kedelai Edamame (Glycine max (L) Merill) di Lahan Kering. Program Studi Magister Agroteknologi, Program Pascasarjana, Universitas Udayana.

Novizan. 2005. Petunjuk Pemupukan yang Efektif. PT. AgroMedia Pustaka.

Jakarta.

Nurman, A.H. 2013. Perbedaan Kualitas dan Pertumbuhan Benih Edamame Varietas Ryoko yang Diproduksi di Ketinggian Tempat yang Berbeda di Lampung. Jurnal Penelitian Pertanian Terapan. 13 (1) : 8 - 12.

Pujiasmanto, Bambang., Pratignya Sunu., Toeranto dan Ali Imron. 2009. Pengaruh Macam dan Dosis Pupuk Organik Terhadap Pertumbuhan dan hasil Tanaman Sambiloto (Andrographis pamiculata N). Jurnal Ilmu Tanah dan Agroklimatologi. Vol. 6 No. 2.

Rahni, N. M. 2012. Efek Fitohormon PGPR Terhadap Pertumbuhan Tanaman Jagung (Zea mays). Universitas Haluoleo Press : Kendari.

Soenandar, M., Muanis Nur Aeni dan Ari Raharjo. 2010. Petunjuk Praktis Penggunaan Pestisida Organik. Penerbit Agro Media Pustaka. Jakarta.

Sudartiningsih, D., dan B. Prasetya. 2010. Pengaruh pemberian pupuk pupuk “ organik diperkaya” terhadap ketersediaan dan serapan N serta produksi cabai besar (Capsicum annuum L.) pada tanah Inceptisol Karangploso Malang.

Tsukanova KA, С VК, Meyer JJM, Bibikova TN. 2017. Effect of plant growth- promoting Rhizobacteria on plant hormone homeostasis. South African J

Bot. 113:91– 102. https://dx.doi.org/10.1016/j.sajb.2017.07.007.




DOI: https://doi.org/10.32528/agritrop.v20i2.8586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Frestika Wanantari, Bejo Suroso, Insan Wijaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:

(0331)336728 | 337957

Email:

agritrop-faperta@unmuhjember.ac.id

 

View My Stats