Respon Pemangkasan Pucuk Daun Berdasar Umur Tanaman Terhadap Produktivitas Kacang Hijau (Vigna radiata L.)

Fathurrahman Fathurrahman

Abstract


Pemangkasan pucuk daun mendorong pertumbuhan tunas lateral, dengan tumbuhnya tunas lateral akan menambah percabangan pada tanaman kacang hijau (Vigna radiata L.) yang meningkatkan jumlah bunga dan bakal polong per tanaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemangkasan pucuk daun terhadap hasil produksi tanaman kacang hijau (Vigna radiata L.). Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan satu faktor dan tujuh ulangan. Perlakuan pemangkasan pucuk daun tanaman umur 15 hari setelah tanam (P3) menunjukkan hasil presentase berbeda sangat nyata terhadap parameter pengamatan jumlah polong, jumlah biji dan berat total biji. Perlakuan pemangkasan 15 hst (P3) memiliki jumlah polong dengan rerata 26,89 buah, jumlah biji dengan rerata 191,41 biji, berat total biji dengan rerata 11,60 g. Perlakuan pemangkasan pucuk 15 hst (P3) memiliki hasil presentase berbeda nyata terhadap parameter pengamatan berat kering polong dengan rerata 15,45 g.


Keywords


Kacang Hijau; Pemangkasan; Pucuk Daun

References


Badrudin, U., S. Jazilah, dan A. Setiawan. 2011. Upaya Peningkatan Produksi Mentimun (Cucumis Sativus L) Melalui Waktu Pemangkasan Pucuk dan Pemberian Pupuk Posfat. Jawa Tengah.

Esrita. 2012. Pengaruh Pemangkasan Tunas Apikal Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Kedelai (Glycine Max L. Merril). Universitas Jambi.

Gernawi, Y. 2017. Hasil Tanaman Melon (Cucumis melo L) Pada Berbagai Takaran Pupuk NPK dan Pemangkasan. Balai Penelitian Universitas Jambi.

Irawati, H., dan N. Setiari. 2012. Pertumbuhan Tunas Lateral Anaman Nilam (Pogostemon Cablin Benth) Setelah Dilakukan Pemangkasan Pucuk Pada Ruas Yang Berbeda. Semarang. Universitas Diponegoro.

Sawitri, R. 2016. Pengaruh Jarak Tanam Ganda dan Pemangkasan Pucuk terhadap Pertumbuhan Hasil Tanaman Kedelai (Glycine max, L. Merr) Varietas Wilis. Temanggung.

Rukmana, R. 2013. Kacang Hijau Budidaya dan Pasca Panen. Yogyakarta. Kanisius.

Satsijah. 2008. Pengaruh pemangkasan dan Aplikasi Cycosel terhadap Hasil Bunga. IPB.

Siregar, T.H.S. 2017. Budidaya Pengolahan dan Pemasaran Coklat. Penebar Swadaya. Jakarta.

Sumarji. 2013. Laporan Kegiatan Penyuluhan Teknik Budidaya Tanaman Kacang Hijau (Vigna radiata (L) Wilczek). Kediri.

Suprapto, dan N. Md. Kairuddin, 2017. Variasi Genetik, Heritabilitas, Tindak Gen dan Kemajuan Genetik Kedelai (Glycine max Merril) Pada Ultisol. Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian Indonesia.

Surachmat K, 2014. Zat Pengatur Tumbuh Tanaman. Penerbit CV. Yasaguna. Jakarta.

Usman, I. Rahim, dan A. A. Ambar. 2013. Analisis Pertumbuhan dan Produksi Kacang Koro Pedang (Canavalia ensiformis) pada Berbagai Konsentrasi Pupuk Organik Cair dan Pemangkasan. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.32528/agritrop.v20i2.7700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fathurrahman Fathurrahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:

(0331)336728 | 337957

Email:

agritrop-faperta@unmuhjember.ac.id

 

View My Stats