TINGKAT MOTIVASI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI CABAI MERAH BESAR DI JEMBER [LEVEL OF MOTIVATION AND FARMING DEVELOPMENT STRATEGY OF BIG RED CHILI IN JEMBER]

Diana Puji Lestari, Lenny Widyayanthi, Ebban Bagus Kuntadi

Abstract


Kecamatan Puger merupakan salah satu sentra budidaya cabai merah besar terbesar ke dua setelah Sumberjambe di Kabupaten Jember. Permintaan yang tinggi serta harga yang relatif tinggi setiap tahunnya  dapat mendorong petani dalam budidaya dan mengembangkan usahatani cabai merah besar serta mendukung strategi pengembangan  usahatani  cabai  merah  besar  yang  ada  Desa  Mojosari  Kecamatan  Puger  Kabupaten  Jember. Penentuan daerah penelitian menggunakan purposive method. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif dan korelasional. Metode pengambilan contoh menggunakan total sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis Skoring, Rank Spearman dan Swot. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) tingkat motivasi petani dalam berusahatani cabai merah besar di Desa Mojosari Kecamatan Puger Kabupaten Jember adalah tinggi. (2) Faktor- faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi motivasi petani untuk berusaha cabai merah besar adalah pendapatan, luas lahan, jumlah tanggungan keluarga sedangkan umur, pendidikan, pengalaman tidak berpengaruh nyata terhadap motivasi petani. (3) Usahatani cabai merah besar di Desa Mojosari Kecamatan Puger Kabupaten Jember berada pada posisi White Area (Bidang Kuat-Berpeluang) yang artinya usahatani cabai merah besar tersebut  memiliki peluang pasar yang prospektif dan memiliki kompetensi untuk mengerjakannya. Strategi yang harus diterapkan pada kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy).

 

Kata Kunci : Motivasi, strategi pengembangan, dan usahatani cabai merah besar


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Damin, Sudarman. 2004. Motivasi Kepemempinan & Efektivitas Kelompok. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hasibuan, Malayu. 2007. Organisasi & Motivasi.

Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyani. 2010. Motivasi Nelayan Desa Gelung Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo Dalam Budidaya Rumput Laut Dan Konstribusinya Terhadap Pendapatan Keluarga. Skripsi. Jember. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertaniuan Universitas Jember.

Nazir, Mohamad. 2003. Metode Penelitia. Bogor: Ghalia Indonesia.

Notodimedjo, Soewarno. 1997. Strategi Pengembangan Hortikultura Khusnya Buah-Buahan Dalam Menyongsong Era Pasar Bebas. Malang: Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Ilmu Hortikulktura, Fak. Pertanian Unibraw. Malang

Rangkuti, F. 2003. Analisis SWOT : Teknik

Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia.

. . 2006. Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia

Saleh, Samsubar. 1996. Startistika Non Parametrik.

Yoyakarta: BPFE.

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode penelitian kualitataif dan kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Setyowati. 1992. Pasca Panen Sayuran. Jakarta: Penebar Swadaya.

Solahuddin.1999.Penajaman Strategi Dan Kebijakan Pembangunan Pertanian Dalam Rangka Memperkokoh Sistem Pertanian Nasional. Semarang: Gerakan Terpadu Peduli Pertanian.

Sunaryono, Hendro H. 2003. Budidaya Cabai Merah.

Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. 2012. Statis Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Soetriono. 2006. Pengantar Ilmu Pertanian. Malang: Banyu Media Publishing.

Umar, Husein. 2002. Metode Riset Bisnis. Jakarta: Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.