PENAMBAHAN NUTRISI PADA TIGA VARIETAS MELON UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN KUALITAS BUAH [NUTRITION IN ADDITION TO IMPROVE THE TREE VARIETIES OF MELON AND FRUIT QUALITY]

Ananias De Deus, Kacung Hariyono, Sugeng Winarso

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui interaksi antara penambahan nutrisi dan tiga varietas terhadap produksi dan kualitas buah melon dan untuk menentukan pengaruh penambahan nutrisi atau mengetahui respons varietas yang berbeda terhadap produksi dan kualitas buah melon. Penelitian ini dilakukan di lahan UPT Agrotekno Park, Universitas Jember, Indonesia mulai dari April sampai Juni 2014. Penelitian ini dirancang dengan Rancangan Acak Kelompok Faktorial 3x3, dengan tiga ulangan. Faktor pertama, penambahan nutrisi yang terdiri dari 0 g NPK + ZA 0 g, 1,5 g NPK + ZA 1,5 g, dan 3 g NPK + ZA 3 g. Faktor kedua, varietas melon terdiri dari varietas Glamour, Aromis dan Action 434. Data eksperimen dianalisis menggunakan analisis varians dan dilanjutkan dengan Duncan Multiple Range Test (DMRT) jika ada efek yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi antara gizi dan varietas berpengaruh nyata terhadap kadar gula buah dan vitamin C. Penambahan nutrisi berpengaruh terhadap pertumbuhan dan kualitas buah melon, dosis 3 g pupuk NPK + 3 g ZA menunjukkan dosis terbaik. Varietas berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan dan kualitas buah melon dan varietas Glamour sebagai varietas terbaik.

 

Kata kunci: Melon, penambahan nutrisi, varietas dan kualitas buah


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anggraini, E. 2009. Teknik Percobaan Pem-berian Beberapa Sumber Unsur P pada Tanaman Melon (Cucumis melo L.). Buletin Teknik Pertanian Vol. 14 No. 2, 2009: 54-57.

Departemen Pertanian. 2012. Melon, Buah Segar Berpotensi. http://www.deptan. go.id. Diakses tanggal 15 Januari 2014.

Gardner, F.P., R.B. Pearce and R.L. Mitchell. 1991.

Physiology of Crop Plants (Fisiologi Tanaman Budidaya, alih bahasa oleh Herawati Susilo). Jakarta : University of Indonesia Press.

Marschner, H. 1986. Mineral Nutrition in Higher Plants. Academic Press Harcourt Brace Jovanovich Publisher.

Ryall M. and Lipton. 1972. Tomatoes Commo-dity Requirements of Ryie Fruits Handling. Transportation and Storage of Fruit and Vegetables. West Point Connecticut. The AVI Publ. Con. Inc.

Siswanto. 2010. Meningkatkan Kadar Gula Buah Melon.

Surabaya : UPN “Veteran”.

Guritno, B., dan Sitompul, 1995. Analisis Pertumbuhan Tanaman. Yogyakarta : Gadjah Mada University.

Suriatna, S. 1992. Pupuk dan Pemupukan. Jakarta : Melton Putra.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.