ANALISIS DIVERSIFIKASI KONSUMSI PANGAN PADA MASYARAKAT PINGGIRAN HUTAN DI KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER [ANALYSIS ON DIVERSIFICATION OF FOOD CONSUMPTION IN THE FOREST FRINGE COMMUNITY IN PANTI DISTRICT OF JEMBER]

Fefi Nurdiana Widjayanti, Nurul Fatiyah Fauzi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsumsi dan ketahanan pangan pada masyarakat pinggiran hutan di Kecamatan Panti, Kabupaten Jember. Hasil penelitian menunjukkan (1) Adanya keterlibatan Perhutani dalam program diversifikasi konsumsi pangan bagi masyarakat pinggiran hutan, berupa penyediaan lahan pinggiran hutan untuk kegiatan penanaman tanaman pangan non padi, Dishutbun menyediakan bibit tanaman pangan non padi, Disperindag dalam peningkatan pendapatan masyarakat melalui pembinaan industri lokal, Puslit Kopi dan Kakao dalam peningkatan pendapatan masyarakat melalui penyediaan bibit unggul kopi dan kakao serta alih teknologi baru pertanian terpadu (kopi dan ternak kambing), Dinas Koperasi dan UMKM dalam penyediaan modal bergulir dan pinjaman lunak (lembaga keuangan mikro, dan perguruan tinggi yang berperan menghubungkan antar institusi dan alih teknologi baru pertanian terpadu di lahan pinggiran hutan; (2) Diversifikasi konsumsi pangan masyarakat pinggiran hutan di Kecamatan Panti konsumsi berasnya 69% dan non beras 31%; (3) Ketahanan dan keamanan pangan rumah tangga untuk  tiap orang/hari menunjukkan konsumsi kalorinya kurang dari standar Kementrian Negara  Urusan Pangan RI  yakni  2.150  kalori,  konsumsi protein  di  Kec. Panti  tidak  memenuhi standar  yang ditetapkan oleh Kementrian Negara Urusan Pangan RI yakni 45 gram /kapita /hari, indeks ketahanan konsumsi pangan tingkat  rumah tangga  di  Kec.  Panti  (58,09)  masuk kategori sangat kurang  mantap; (4)  Potensi pasar menunjukkan nilai jual produk pangan diperkirakan naik 7,5% karena adanya kenaikan bahan baku dan bahan bakar gas, nilai tambah produk pangan relatif tetap, struktur pasar cenderung oligopsoni, sarana prasarana pasar cukup memadai, dan pembinaan dari Dinas Pasar, Disperindag, serta Depkop cukup baik.

 

Kata Kunci: Diversifikasi, Konsumsi dan Pangan


References


BKPRIAU. 2010. Kerangka Pikir Pemantapan ketahanan Pangan. Badan Ketahanan Pangan Riau. http://www.bkpriau.go.id.

BPS. 2010. Jawa Timur dalam Angka. Kerjasama Badan Perencana Pembangunan Kabupaten Jember dengan BPS Kabupaten Jember. Dinas Pertanian Jawa Timur. 2010. Badan Ketahanan Pangan Propinsi Jawa Timur. Laporan Tahunan.

FAO. 1997. Assement of the Household Food Security Situation, Based on the Agregate Household Security index and the Six world food survey Commite on World Food Security Twenty third Sesion. Rome.

Hadi, S., T., W. Erni dan H. Prayuginingsih. 2009.

Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat di Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember. Fakultas Pertanian. Universitas Muhammadiyah Jember.

Http://www.cbfm-kng.org, 2001. Peranan Pemerintah Kabupaten kuningan dan Forum Komunikasi PHBM dalam Implementasi Sistem PHBM di Kabupaten Kuningan.

Http://www.dinashutjateng.go.id, 2003. Garis Besar

PHBM.

Ihsan. 2000. Model Konservasi Hutan Lindung.

Perhutani Kabupaten Jember.

Menteri Negara Urusan Pangan RI. 1997. Indeks

Ketahanan Pangan Nasional. Jakarta.

Santosa, T. H., P. D. E. Fabiola dan H. Prayuginingsih.

Persepsi Perempuan Terhadap Tindakan Konservasi di Kawasan Hutan Lindung di Desa Gunung Pasang, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember. Fakultas Pertanian. Universitas Muhammadiyah Jember.

Santosa, T. H. 2009. Laporan Survei Tahunan.

Program Studi agribisnis. Fakultas Pertanian. Universitas Muhammadiyah Jember.

Widiarti, W., Arief, S., T. H. Santosa, H.

Prayuginingsih. 2009. Kajian Ekonomi Program PHBM di Kawasan Hutan Tangkapan Air di Lereng Gunung Argopuro Desa Pakis Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jember.

Zulkifli, Z. 2010. Percepat Anekaragam Konsumsi

Pangan. Pemerintah Daerah Sambas




DOI: https://doi.org/10.32528/agr.v12i2.715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Fefi Nurdiana Widjayanti, Nurul Fatiyah Fauzi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:

(0331)336728 | 337957

Email:

agritrop-faperta@unmuhjember.ac.id

 

View My Stats