ANALISIS PELUANG USAHA PETANI KOPI RAKYAT DESA GARAHAN KABUPATEN JEMBER MELALUI AGRIBISNIS JAMUR MERANG DENGAN PEMANFAATAN LIMBAH KULIT KOPI [ ANALYSIS OF BUSINESS OPPORTUNITY COFFEE FARMERS THROUGH THE VILLAGE GARAHAN JEMBER AGRIBUSINESS MUSHROOM LEATHE

Najmi Indah, Endra Pria Wasana

Abstract


Pemanfaatan limbah perkebunan kopi yang dihasilkan setiap hari dapat dijadikan peluang suatu usaha yang kreatif, inovatif dan bernilai ekonomi. Limbah kulit biji kopi di sekitar perkebunan kopi Desa Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember merupakan peluang usaha baru bagi masyarakat sekitar perkebunan yaitu agribisnis jamur merang (Volvaria volvaceae) dimana tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani kopi takyat yang ada di desa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan usaha agribisnis jamur merang yang belum ada sebelumnya melalui pemanfaatan limbah kulit biji kopi sebagai media pertumbuhannya dan pada akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT, yaitu analisis menggunkan faktor internal (IFAS) dan faktor eksternal (EFAS), dengan mengetahui streght (kekuatan), weaknesess (kelemahan), oppurtunities (peluang), advantange (keuntungan), threat (ancaman). Berdasarkan hasil analisis faktor-faktor strategi internal diperoleh nilai IFAS sebesar 3,06  dan hasil analisis faktor-faktor strategi eksternal diperoleh nilai EFAS sebesar 2,27. Nilai tersebut menempatkan usahatani jamur merang melalui pemanfaatan limbah kulit kopi di Desa Garahan Kec.Silo Kabupaten Jember dalam posisi White area (Bidang Kuat-Berpeluang) yang artinya usaha tersebut memiliki peluang pasar yang prospektif dan memiliki kompotensi untuk mengerjakannya.

 

Kata kunci : Limbah kulit biji kopi, media pertumbuhan jamur merang, faktor strategi internal dan eksternal

References


Agromedia.2009. Buku Pintar Bertanam Jamur Konsumsi. Jakarta:PT Agomedia Pustaka.

Agus, G.T.K., A. Dianawati, E.S. Irawan, & K. Miharja. 2002 Budidaya Jamur Konsumsi. Agromedia Pustaka. Jakarta.

Costanza, Robert (ed), Ecological Economic: The Science and Management of Sustainability, Columbia University Press, New York, 1991.

Direktorat Jenderal Perkebunan, Departemen Pertanian. 2006. Statistik Perkebunan Indonesia 2003 – 2005 (Kopi), Jakarta

Drajat, R. 2004. Perkebunan Kopi Rakyat, Dilema dan Masa Depan. Gramedia. Jakarta.

Gengers, R. 1982. Pedoman Berwiraswasta Bercocok Tanam Jamur. Pionir Jaya. Bandung

Gitosudarmo, I. 2001. Manajemen Strategis. PT BPFE Yogyakarta.

Hagutami, Y. 2001. Budidaya Jamur Merang. Yapentra Hagutani. Cianjur

Mayun, I A. 2007. Pertumbuhan Jamur Merang (Volvariella volvaceae) pada Berbagai Media Tumbuh. Agritop 26 (3) :124-128. Fakultas Pertanian Universitas Udayana Denpasar Bali.

Nasution, S, 1998, Manajemen Penelitian Naturalistik Kualitatif, Transito, Bandung.

Nazir, Mohammad, 1999, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia. 2006. Pengolah Produk Primer dan Sekunder Kopi, Jember

Rangkuti Fredy. 2009. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis (Reorientasi Konsep Perencanaan Srategis untuk Menghadapi Abad 21), PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sinaga. 2001. Jamur Merang dan Budidayanya. Penebar Swadaya. Jakarta.

Sudantoko, Djoko. 2010. Pemberdayaan Industri Batik Skala Kecil di Jawa Tengah. Disertasi. Program Pasca Sarjana Universitas Diponegaro Semarang.

Wirakusuma, I P.G.A. 1989. Pengaruh Jenis Media dan Stadia Benih terhadap Pertumbuhan Miselia dan produksi Jamur Merang. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Udayana. Denpasar.




DOI: https://doi.org/10.32528/agr.v12i1.705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Najmi Indah, Endra Pria Wasana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:

(0331)336728 | 337957

Email:

agritrop-faperta@unmuhjember.ac.id

 

View My Stats