Rekayasa Substrat Pada Sistem Budidaya Hidroponik untuk Meningkatkan Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Bawang Prei (Allium ampeloprasum L.)

Noviatul Auliyah, Insan Wijaya, Bejo Suroso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rekayasa substrat pada sistem budidaya hidroponik untuk meningkatkan pertumbuhan dan produksi bawang prei (Allium Ampeloprasum L.). Penelitian dilakukan dengan metode Rancangan Acak Kelompok ( RAK ) yang terdiri dari satu faktor, yang masing – masing di ulang sebanyak 3 kali. Perlakuan yang digunakan ialah komposisi media serabut kelapa (A), media arang kayu (B) dan media batu bata (C) dengan kombinasi dari ke tiga substrat sesuai perbandinga komposisi.Hasil penelitian menunjukan bahwa, perlakuan media yang berpengaruh terhadap tinggi tanaman dan jumlah daun yaitu media sabut kelapa 25 % + arang kayu 75 % . Pada parameter panjang akar per sample media yang berpengaruh hampir sama dengan tinggi tanaman, namun hanya berbeda pada presentase media yaitu arang kayu 25 % + sabut kelapa 75 % . Namun berbeda dengan parameter berat akar per sample dan berat segar bagian atas tanaman, perlakuan media yang berpengaruh nyata terhadap berat segar bagian atas tanaman yaitu perlakuan media B ( Arang kayu ).


Keywords


Bawang prei; Hidroponik; Substrat

References


Agah. (2009). Aklimatisasi Tanaman Hias. Penebar Swadaya. Jakarta

Akasiska, R. et al. 2014. Pengaruh Konsentrasi Nutrisi Dan Media Tanam Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Sawi Pakcoy (brassica parachinensis) Sistem Hidroponik Vertikultur. Inovasi Pertanian.Vol. 13, No. 2. Tahun 2014.

Dewi. E. (2015). AnalisaUsahatani dan Efisiensi Pemasaran Bawang Daun (Allium Porrum B) di Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung. (Studi Kasus di Desa Pinggirsari Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung). Jurnal Agribisnis Fakultas Pertanian Unita Vol. II No. 13

Murti, Rugayah dan Rusdi (2006). Pengaruh Jenis Media Pengakaran dan Pemberian Zat Perangsang Akar paada Pertumbuhan Setek Sirih Merah (Piper crocatum Ruiz and Pav). Jurnal Budidaya Pertanian. I(1):4-13.

Roidah, I. S. (2014). Pemanfaatan lahan dengan menggunakan sistem hidroponik. Jurnal Bonorowo, 1(2), 43-49.

Tatik, T. Rahayu dan M. Ihsan. (2014). Kajian Perbanyakan Vegetatif Tanaman Binahong (Anredera cordifolia (Ten) Steenis) Pada Beberapa Media Tanam. Jurnal Agronomika 9 (2) : 179-188.

Triono, A., (2006), Karakteristik Briket Arang dari Campuran Serbuk Gergaji Kayu Afrika (Maesopsis eminii Engl) dan Sengon (Paraserianthes falcataria L. Nielsen) dengan Penambahan Tempurung Kelapa (Cocosnucifera L), Departemen Hasil Hutan Fakultas Kehutanan IPB, Bogor.

Wagiman dan Sitanggang, M. (2007). Menanam dan membungakan anggrek di pekarangan rumah. Jakarta : Agro Media




DOI: https://doi.org/10.32528/agritrop.v19i1.5436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Noviatul Auliyah, Insan Wijaya, Bejo Suroso

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:

(0331)336728 | 337957

Email:

agritrop-faperta@unmuhjember.ac.id

 

View My Stats