PEMASARAN GARAM RAKYAT DI DESA PANGARENGAN KECAMATAN PANGARENGAN KABUPATEN SAMPANG

Manda Ayu Widiyastutuik, Triana Dewi Hapsari, Ebban Bagus Kuntadi

Abstract


Secara geografis Desa Pangarengan berada di daerah pesisir pantai. Hal itu membuat Desa Pangarengan berpotensi untuk menjadi daerah penghasil garam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bentuk saluran pemasaran garam rakyat (2) Struktur pasar garam rakyat (3) Perilaku pasar garam rakyat dan (4) Keragaan pasar garam rakyat di Desa Pangarengan Kecamatan Pangarengan Kabupaten Sampang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Metode pengambilan contoh menggunakan Multistage Sampling, dan Snow Ball Sampling. Data penelitian yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis konsentrasi rasio, analisis integrasi pasar dan analisis marjin pemasaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Saluran pemasaran garam rakyat di Desa Pangarengan terdiri dari dua bentuk saluran pemasaran yaitu saluran pemasaran yang melalui tengkulak dan saluran pemasaran yang melalui pabrik pengolah garam (PT. Jaya Makmur Utama) di Desa Pangarengan; (2) Struktur pasar garam rakyat di Desa Pangarengan mengarah pada pasar persaingan tidak sempurna; (3) Tidak terjadi keterpaduan pasar secara vertikal antar lembaga pemasaran yang terlibat dalam pemasaran garam rakyat di Desa Pangarengan; (4) Distribusi marjin pemasaran dan share keuntungan yang paling besar dalam sistem pemasaran garam rakyat di Desa Pangarengan terletak di lembaga pemasaran pabrik.


Full Text:

PDF

References


Kementerian Kelautan dan Perikanan. 2011. Kelautan dan Perikanan Dalam Angka. Pusat Data Statistik dan Informasi.

Adisasmita, Rahardjo. 2006. Pembangunan Kelautan dan Kewilayahan. Yogyakarta : Penerbit Graha Ilmu.

Pappas, J. 1995. Ekonomi Manajerial II. Jakarta : Binarupa Aksara.

Umar, Husein. 2000. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Bisnis. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Suherman, Fauziyah, dan Hasan. 2011. Analisis Pemasaran Garam Rakyat (Studi Kasus Desa Kertasada Kacamatan Kalianget Kabupaten Sumenep). Jurnal Vol.8 No.2 , Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura.

Rato, Ebhu. 2011. Menjadikan (lagi) Madura Sebagai Pulau Garam. [serial online].http:/www. rbmsampang.com/berita-996-menjadikan-lagimadura-sebagai-pulau-garam.html. Diakses pada tanggal 06 September 2012.




DOI: https://doi.org/10.32528/agr.v14i2.437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Manda Ayu Widiyastutuik, Triana Dewi Hapsari, Ebban Bagus Kuntadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:

(0331)336728 | 337957

Email:

agritrop-faperta@unmuhjember.ac.id

 

View My Stats