PENINGKATAN KUALITAS PRODUK TERASI PADA USAHA KELOMPOK POKLAHSAR DI KECAMATAN PUGER UNTUK MENDORONG PENGEMBANGAN PEMASARANNYA

Hari Rujito, Sutarjo Sutarjo, Taslim Taslim, Suharjono Suharjono

Abstract


Terasi Puger dikenal sebagai produk yang sangat lezat dan populer, tetapi pemasaran produk ini masih terbatas di pasar tradisional saja dan kurang mampu menembus pasar modern (Super market). Hal ini terjadi karena kurang standar desain kemasan, menghemat daya tahan dan bau yang kuat yang membuat Terasi Puger tidak dapat ditampilkan dan dijual di pasar modern. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui desain yang paling sesuai dan kinerja produk Terasi Puger untuk pengembangan pemasaran, sehingga perlu pendekatan model Fungsi Deployment Kualitas. Analisis data menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) dan teknik Quality Function Deployment (QFD). Hasil penelitian ini menunjukkan kriteria kebijakan yang diyakini sebagai yang paling penting adalah peningkatan pendapatan dari 0,731 nilai bobot dan strategi pemasaran yang lebih luas sebagai alternatif kebijakan yang mempengaruhi sebagian besar untuk 0518 nilai bobot. Untuk kebutuhan konsumen dari produk terasi srimp kelompok Poklahsar yang perlu perbaikan adalah Aroma, ukuran, kemasan, komposisi, tanggal kadaluarsa, Kesiapan (Maturity), Kesehatan Label (P.IRT) dan Ease Acquire. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut; kriteria kebijakan yang paling cocok dari Analytical Hierarchy Process (AHP) adalah peningkatan pendapatan, yang paling cocok strategi kebijakan alternatif strategi pemasaran untuk pasar asrama, desain yang paling sesuai adalah dengan meningkatkan berat badan dengan 4,5 gram, sebuah kemasan kompak dan label kemasan dengan tanggal kadaluarsa dan label kesehatan (P.IRT), dan pertunjukan yang paling cocok yang baik terasa udang, baik aroma (tidak tajam), bahan warna natural, harga sesuai dengan kualitas yang ditawarkan, bahan-bahan yang tercantum dalam paket, dan mudah dalam memperoleh produk dan memperluas distribusi ke pasar yang lebih luas.


Full Text:

PDF

References


Angipora, Marius, P. 2002, Dasar - Dasar Pemasaran, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Aryansfirdaus. 2012. SNI Terasi Udang. http://sni terasi udang. ( Diakses tanggal 29 agustus 2015).

Assauri, Sofjan. (2008). Manajemen produksi dan operasi, Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Astawan, M. 2009. Departemen Teknologi Pangan Dan Gizi IPB.

Besterfield, Dale, H. (2003). Total Quality Management, 3rd Edition, Pearson. New Jersey.

[BPS] Badan Pusat Statistik Kabupaten Jember 2014.

Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Penanaman Modal Kabupaten Jember 2014.

Dinas Kesehatan Kabupaten Jember 2015.

Evanila, Silvia dkk. 2010. Implementasi Metode Quality Function Deployment (QFD) Guna Meningkatkan Kualitas Gula Kristal Putih. Jurnal Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian IPB.

Fandy, Tjiptono. 2008. Strategi Bisnis Pemasaran. Andi. Yogyakarta.

Felice De F. Petrillo A. 2010. A Multiple Choice Decision Analysis: An Integrated Qfd – Ahp Model For The Assessment Of Customer Needs. International Journal of Engineering, Science and Technology. Vol.2, No.9, 2012, pp.25-38.

Gaspersz, Vincent. 2008. Total Quality Management. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Goetsch, David L. dan Davis, Stanley B. 2002. Manajemen Mutu Total. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Prenhallindo.

Intan Ratna K. (2006) Perencanaan kualitas produk terasi udang dengan menggunakan metode quality function deployment (QFD) (studi kasus di UD. Sunoto tuban). 8 September 2015.

Juanda. 2009. Analisis Konseptual Good Corporate Governance. Naskah Publikasi Penelitian Dasar Keilmuan.

Kementerian Kelautan dan Perikanan. 2014. Analisis Data Pokok Kementerian Kelautan dan Perikanan 2014. Jakarta: Kementerian KKP.

Kucukyazici G. Cerit B. Kalem. G. 2014. Quality Function Deployment and Its Application on a Smartphone Design. Balkan Journal Of Electrical & Computer Engineering. Vol.2,No.2.

Kotler, Philip, and Gary Armstrong. 2012. Prinsipprinsip pemasaran. Edisi 13.Jilid 1. Erlangga. Jakarta

Kotler and Philip. 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium diterjemahkan Benyamin Molan, PT. Prenhallindo. Jakarta.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. PT. Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta.

Marimin, 2004, Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk,Grasindo, Jakarta.

Marimin. 2005. Sistem Pakar dalam Teknologi Manajerial. IPB Press.Bogor.

Marimin dan Muspitawati. 2002. Kajian Strategi Peningkatan Kualitas Produk Industri Sayuran Segar. Jurnal Teknologi dan Industri Pangan Fakultas Teknologi Pertanian. Vol. XIII, no. 3.

Mutiara, Anggraeni. Desrianty, dan Tuniar. 2013. Rancangan Meja Dapur Multifungsi Menggunakn Quality Funcion Deployment (QFD). Jurnal Teknik Industri Institut Teknologi Nasional. Vol. 1, no. 2.

Nasution, M. N. 2001. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management) Ghalia Indonesia, Jakarta.

Onder E. dan Y. Hande. 2011. Optimization Of Product Design Through Quality Function Deployment And Analytical Hierarchy Process: Case Study Of A Ceramic Washbasin. DOI:10.4305/ METU.JFA.2011.1.1

Persagi. 2009. Tabel komposisi pangan indonesia. Jakarta. PT elex media komputindo.

Russel, R. S. dan B. W. Taylor. 2003. Production and Operation Management. Prentice Hall.

Saaty, T. Lorie. 1993. Pengambilan keputusan bagi para pemimpin, proses hirarki analitik untuk pengambilan keputusan dalam situasi yang kompleks. Pustaka binama pressindo.

Simamora. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Swastha dan Ibnu Sukotjo. 2008. Pengantar Bisnis Modern. Edisi Keenam,. Yogyakarta.

Suprapti. 2002. Membuat Terasi. Yogyakarta: Liberty

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administrasi. Cetakan Ke-18. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Spiegel, M, V, D. 2004. Measuring Effectiveness of Food Quality Management. PhD Thesis. Wageningen University. Netherland.

Umar dan Husein. 2005. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.32528/agr.v14i2.435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 AGRITROP

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:

(0331)336728 | 337957

Email:

agritrop-faperta@unmuhjember.ac.id

 

View My Stats