PENAMPILAN FENOTIPE BAYAM MERAH AKIBAT DARI PEMBERIAN PUPUK UREA DAN URINE SAPI

Djarwatiningsih Djarwatiningsih, Widiwurjani Widiwurjani, Decky Zulkarnaen

Abstract


Fenotipe merupakan penampakan luar tanaman yang dibudidaya akibat dari faktor lingkungan dan sifat genetik yang dibawa oleh tanaman. Tanaman bayam merah (Amaranthus gangeticus L) merupakan tanaman sayuran yang sangat digemari semua orang dan mempunyai nilai jual tinggi.Usaha untuk mendapatkan penampakan tanaman yang baik, dapat melalui pemupukan dengan urea dan urine kelinci. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok yang terdiri dari 2 faktor yang disusun secara faktorial dan diulang tiga kali. Faktor pertama adalah dosis pupuk urea dengan 4 perlakuan, faktor kedua adalah dosis urine kelinci dengan 4 perlakuan. Hasil yang didapat adalah terjadi interaksi pada rata-rata jumlah daun akibat perlakuan pemberian urea dan urine kelinci pada pengamatan ke-5, pemberian urea dengan dosis 100 kg/Ha berpengaruh pada lebar daun pada umur pengamatan ke-5 dan ke-6 dan berat basah tanaman, tetapi pemberian urine kelinci tidak menunjukkan adanya pengaruh pada berbagai parameter pengamatan.


Full Text:

PDF

References


Aditya, L. 2013. Kajian Pupuk Urea Pada Bayam. Program Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo madura. 8 Hal.

Afandie, R. 2012. Ilmu Kesuburan Tanah. Deresan. Yogyakarta. 215 Hal.

Damaiyanti D.R.R., N.Aini dan Koesriharti, 2013. Kajian Penggunaan Macam Mulsa Organik pada Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Cabai Besar (Capsicum annum L.). Produksis Tanamn 1 (2).

Firelly, D. 2011. Manfaat Bayam Bagi Kesehatan. Di akses pada 10 Februari 2012 dari http://www.faktailmiah.com/2011/02.10/manfaa t-bayam-bagi-kesehatan-html.

Fajri N. 2005. Pengaruh Interval Keperasan dan Dosis Pupuk Nitrogen (Urea) Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Produksi Tanaman Sayuran di Daerah Wiyung, Kecamatan Wiyung Surabaya. Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Jatim. Skripsi (tidak dipublikasikan). 68 Hal.

Hasibuan, B.E. 2006. Ilmu Tanah. Pupuk dan Pemupukan. FP USU, Medan. 88 Hal.

Marsono dan Paulus Sigit. 2004. Pupuk Akar Jenis dan Aplikasi. Penebar Swadaya. Jakarta. 96 Hal.

Margiyanto, E. 2010. Pemupukan Pada Budidaya Tanaman Sawi. Nusantara Abadi Bantul Yogyakarta. 10 Hal.

Marschner, H. 1986. Mineral Nutrition of Higher Plants. Publisher. London.

Nugroho. 2003. Pengaruh Dosis Urea dan Jarak Tanam Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Selada. Semarang. Jawa Tengah. 14 Hal.




DOI: https://doi.org/10.32528/agr.v14i1.413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Djarwatiningsih Djarwatiningsih, Widiwurjani Widiwurjani, Decky Zulkarnaen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:

(0331)336728 | 337957

Email:

agritrop-faperta@unmuhjember.ac.id

 

View My Stats