Respon Berbagai Varietas Pakcoy (Brassica rapa Kultivar chinensis) Terhadap Sumber Nutrisi Pada Sistem Budidaya Secara Hidroponik

Iskandar Umarie, Oktarina Oktarina, Silvia Dwi Ningrum

Abstract


Meningkatnya kemajuan teknologi industri seperti pabrik-pabrik. semakin berkembang, sehingga menggeser lahan pertanian terutama di daerah perkotaan yang mengakibatkan lahan pertanian semakin sedikit. Kebutuhan masyarakat akan pangan semakin meningkat, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat khusus masyarakat perkotaan, yaitu dengan cara bercocok tanam dengan sistem hidroponik.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Respon pertumbuhan beberapa varietas dan jenis nutrisi pada tanaman sawi pakcoy (Brassica rapa Kultivar chinensis) yang dibudidayakan dengan system hidroponik. Penelitian ini menggunakan rancangan split plot yang rangcang secara acak lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor (3x3) faktor utama jenis nutrisi (N) yang terbagi tiga taraf : N1 = AB mix, N2 = POC Biogan, N3 = POP Supernasa dan faktor kedua perlakuan varietas (V) yang terbagi tiga taraf : V1 = Green Pakcoy, V2 = White Pakcoy, V3 = Brisk Green, yang masing-masing diulang tiga kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perlakuan nutrisi menunjukkan hasil yang berbeda nyata pada pertumbuhan tanaman sawi Pakcoy, nutrisi AB Mix memberikan respon yang terbaik untuk pertumbuhan tanaman sawi Pakcoy.Perlakuan varietas Pakcoy berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan tanaman sawi Pakcoy, Varietas White Pakcoy dan Green Pakcoy memberikan respon yang terbaik untuk pertumbuhan tanaman sawi Pakcoy. Interaksi antara Nutrisi dengan varietas Pakcoy, menunjukkan hasil yang berbeda nyata terhadap pertumbuhan sawi Pakcoy.  Hasil terbaik interaksi   nutrisi diperoleh antara AB mix dengan  varietas White Pakcoy, POC Biogan dengan Green Pakcoy, POP Supernasa dengan White Pakcoy. Sedangkan interaksi verietas dengan nutrisi hasil terbaik diperoleh antara semua varietas pakcoy dengan nutrisi AB Mix.


Keywords


Kata Kunci : Pakcoy, Hidroponik, Sumber Nutrisi, Varietas.

References


Atmaja, F. D. 2009. Analisis Keseimbangan Panas pada Bak Penanaman dalam Sistem Hidroponik Deep Flow Technique (DFT). Fakultas Teknologi Pertanian. Institut Pertanian Bogor.

Azis, A.H., M.Y Surung, dan Buraerah. 2006. Produktivitas Tanaman Selada pada Berbagai Dosis Posidan-HT. Jurnal Agrisistem 2(1): 36-42.

Bahzar, M. H., dan Santosa, M. 2019. Pengaruh Nutrisi Dan Media Tanam Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Pakcoy (Brassica Rapa L. Var. Chinensis) Dengan Sistem Hidroponik Sumbu. JurnalProduksi Tanaman, 6(7), 1273-1281

Cahyono. B.,2003. Teknik Strategi Budidaya Terung, Yayasan Pustaka Nusantara, Yogyakarta.

Djafar, T.A. 2013. Respon Pertumbuahn dan Produksi Sawi (Brassica Juenca L) terhadap Pemberian Urine Kelinci dan Pupuk Guano. Jurnal Agroteknologi 1 (3): 646-654.

Furoidah, N. 2018. Efektivitas Penggunaan AB Mix terhadap Pertumbuhan Beberapa Varietas Sawi (Brassica sp). In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Pertanian UNS (Vol. 2, No. 1, pp. A-239)

Gumelar, W. R., dan Nurruhwati, I. 2017. Pengaruh Penggunaan Tiga Varietas Tanaman pada Sistem Akuaponik terhadap Konsentrasi Total Amonia

Hardjowigeno, S. 2003. Ilmu Tanah. Jakarta: Penerbit Akademika Pressindo.

Kustanti, I., Muslim, M. A., dan Yudaningtyas, E. 2014. Pengendalian Kadar Keasaman (pH) Pada Sistem Hidroponik Stroberi Menggunakan Kontroler PID Berbasis Arduino Uno. Jurnal Mahasiswa TEUB, 2(1).

Lakitan, B. 1996. Fisiologi Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Mandala, M. 2008. Morfologi Perakaran Tanaman Kedelai (Glycine Max) sebagai Pengaruh Diameter Kelerengatau Agregat Tanah. Agritrop, 6(2):107- 112.

Mappanganro, N. 2013. Pertumbuhan Tanaman Stroberi Pada Berbagai Jenis dan Konsentrasi Pupuk Organik Cair dan Urine Sapi Dengan Sistem Hidroponik Irigasi Tetes. Biogenesis: Jurnal Ilmiah Biologi, 1(2), 123- 132.

Mulyani, Sutedjo, M dan A.G. Kartasapoetra. 2002. Pupuk dan Cara Pemupukan. Rineka Cipta. Jakarta

Nerotama, S., Kushendarto, dan Y.C. Ginting. 2014.Pengaruh Dua Jenis Pupuk Daun dan DosisPupuk NPK Terhadap Pertumbuhan Vegetatif Awal Tanaman Jambu Biji(Psidium guajavaL.) Kultivar Citayam Inovasi dan Pembangunan. J. Kelitbang. 02(02):199-213.

Novizan, L.B. 2007. Petunjuk Pemupukan yang Efektif. Agro Media Pustaka, Jakarta.

Damanik, R. I. M., dan Bayu, E. S. 2018. Pertumbuhan Varietas Pak Coy (Brassica rapa L. ssp. chinensis (L.)) dengan Pemberian NAA (Naphthalene-3-acetic Acid) pada Media Hidroponik Terapung. Jurnal Online Agroekoteknologi, 6(2), 389-401.

Pranata, A. S. 2004. Pupuk OrganikCairAplikasi dan Manfaatnya. Agromedia Pustaka, Jakarta

Pranowo,T. 2004. Pakchoy, Sayuran Oriental yang Paling Populer. http://www.tanindo.com/abdi8/hal.301.htm.

Prasasti, D., Prihastanti, E., dan Izzati, M. 2014. Perbaikan Kesuburan Tanah Liat dan Pasir dengan Penambahan Kompos Limbah Sagu Untuk Pertumbuhan dan Produktivitas Tanaman Pakcoy (Brassica rapa var. Chinensis). Anatomi Fisiologi, 22(2), 33-46.

Rizal, S. 2017. Pengaruh Nutriasi Yang Diberikan Terhadap Pertumbuhan Tanaman Sawi Pakcoy (Brassica Rapa L.) Yang Ditanam Secara Hidroponik. Sainmatika:Jurnal lmiah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 14(1), 38-44.

Roidah, I. S. 2015. Pemanfaatan lahan dengan menggunakansistem hidroponik. Jurnal Bonorowo, 1(2), 43-49.

Siswadi dan Teguh Yuwono, 2013, Uji Hasil TanamanSawi Pada Berbagai Media Tanam Secara Hidroponik. Jurnal Innofarm Vol. II, No. 1, 44-50.

Suhardjono, H., dan Guntoro, W. 2017.Pengaruh Komposisi Nutrisi Hidroponik Dan Varietas Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanama nPakchoy (Brassica Chinensis L.) Yang Ditanam Secara Hidroponik. Agritrop: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian (Journal of Agricultural Science), 11(1).

Sundari, S., Raden, I., dan Hariadi, U. S. 2016. Pengaruh POC Dan AB MIX Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Pakchoy (Brassica chinensis L.) Dengan Sistem Hidroponik. Jurnal Magrobis, 16(2).




DOI: https://doi.org/10.32528/agritrop.v18i2.4108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Iskandar Umarie, Oktarina Oktarina, Silvia Dwi Ningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:

(0331)336728 | 337957

Email:

agritrop-faperta@unmuhjember.ac.id

 

View My Stats