EFEKTIVITAS SEED TAPE DAUN PANDAN LAUT (PANDANUS TECTORIUS) TERHADAP DAYA TUMBUH PAKCOY DAN CAISIM

Denia Faizi Sudiarjo, Heny Agustin

Abstract


Salah satu teknologi untuk meningkatkan efektivitas penanaman benih berukuran kecil adalah dengan menggunakan seed tape. seed tape ini umumnya terbuat dari gelatin, serat, kaca-kertas (cellophane) atau lapisan larut dalam air. Daun pandan mengandung 83-88% serat, tetapi belum banyak dimanfaatkan sehingga dapat menjadi alternatif dalam pembuatan seed tape. Penelitian ini dilakukan di Kebun Percobaan Agroekoteknologi , Universitas trilogi mulai Juli-Desember 2018. Bahan yang digunakan adalah 100-150cm daun pandan laut yang diperoleh dari pantai Binuangeun Lebak-Banten. Penelitian menggunakan rancangan acak kelompok (RAKL). Faktor pertama adalah jenis seed tape yang tanpa seed tape /penyemaian langsung (S0), seed tape daun pandan laut (S1), dan tisu pita seed tape (S2). Faktor kedua adalah lapisan tapioka yang terdiri dari dua level, yaitu tanpa coating (-) dan dengan coating tapioka (+). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pertumbuhan awal tanaman, pengobatan seed tape yang diberikan tidak berpengaruh pada indeks vigor, daya tumbuh  dan kecepatan pertumbuhan tanaman. Namun, ini menunjukkan efek yang signifikan dari 18% pada daya pertumbuhan dan 2,58% KN/etmal pada kecepatan pertumbuhan tanaman. Pada fase vegetatif, perlakuan seed tape berpengaruh terhadap tinggi dan jumlah daun Pakchoi sampai pengamatan minggu ketiga, tapi tidak mempengaruhi pada pengamatan akhir. Adapun untuk tahap produksi tanaman, perlakuan seed tape  berpengaruh pada panjang akar dan berat kering akar tetapi tidakberpengaruh pada berat basah tanaman. Sementara itu, perlakuan seed tape  berpengaruh pada panjang akar tetapi tidak berpengaruh pada berat kering akar dan berat basah tanaman caisim.

Keywords


pelapis, tapioka, tisu gulung, fase

Full Text:

PDF

References


Copeland, L.O., M.B. Mc Donald. 2001. Principle of Seed Science and Technology. Chapman and Hall. New York, USA.

Fazly.M., Harianto. I., Laksana. M., 2016.Potensi Ekstrak Daun Pandan Laut (Pandanus tectorius) dari Sepanjang Pantai Lebak Selatan Banten sebagai Anti Rayap. SMAN 1 Malingping, Banten

Fischer A.C., penemu; United States. 1942 May 5. Seed tape. Patent United States US 119210.

Palupi ER, Dedy Wiryanto Y. 2008. Kajian karakter Toleransi Cekaman Kekeringan Pada Empat genotip bibit kelapa sawit. Bul Agron.

Rina D. 2015.Manfaat unsur NPK bagi tanaman. Litbang Pertanian. Kalimantan Timur.

Rohmawati.A. 2017.Pemanfaatan Serat Daun Sirsak Sebagai Kemasan Benih Bentuk Pita dan Aplikasi Bakteri Probiotik Untuk Meningkatkan Vigor Benih.IPB.

Sadjad, S., Murniati, E., Ilyas, S. 1999. Parameter Pengujian Vigor Benih, Dari Komparatif ke Simulatif. PT Grasindo.

Schindler G.A., penemu; United States.1951 Oct 16. Seed tape. Patent United States US 66362.

Susilawati., Nurdjanah S., Putri S., 2008. Karakteristik Sifat Fisik dan Kimia Ubi Kayu (Manihot esculenta) Berdasarkan Lokasi Penanaman dan Umur Panen Berbeda.UNILA, Lampung.




DOI: https://doi.org/10.32528/agritrop.v17i1.2187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Denia Faizi Sudiarjo, Heny Agustin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Address:

Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia

Phone & Fax:

(0331)336728 | 337957

Email:

agritrop-faperta@unmuhjember.ac.id

 

View My Stats