Motivasi Peningkatan Kemampuan Bahasa Arab Santri dan Santriwati Muhammadiyah Boarding School Paleran Jember

Hasna' Huwaida

Abstract


Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah memberikan motivasi dan pendampingan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Arab santri dan santriwati Muhammadiyah Boarding School (MBS) Al-Islam Paleran. Kegiatan ini penting untuk dilaksanakan karena Bahasa Arab merupakan salah satu materi tambahan yang diberikan di MBS Al-Islam Paleran, sekaligus sebagai pelengkap dan ciri khas khusus sebagian besar Islamic Boarding School atau pondok pesantren di Indonesia. Beberapa permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah; Pertama, kurangnya rasa percaya diri santri dan santriwati dalam penggunaan Bahasa Arab dalam percakapan sehari-hari. Kedua, kurangnya ketersediaan waktu yang mencukupi untuk memberikan materi Bahasa Arab disebabkan santri dan santriwati memiliki kegiatan utama di sekolah masing-masing mulai pagi hingga siang hari. Kondisi inilah yang cukup mempengaruhi kemampuan para santri dalam mengembangkan Bahasa Arab. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode ceramah dan pendampingan, yang berfokus pada keterlibatan santri dan santriwati MBS Al-Islam Paleran untuk mempraktekkan secara langsung bagaimana menggunakan Bahasa Arab dengan baik dan benar, serta aplikasinya di kemudian hari. Materi yang diberikan dalam kegiatan ini berupa materi tasmi’ (mendengarkan), muhadatsah (bercakap-cakap). Qira’ah (membaca), dan kitabah (menulis) dengan baik dan benar. Adapun hasil dari kegiatan ini adalah perlunya dukungan yang terus menerus pada santri dan santriwati Muhammadiyah Boarding School (MBS) Al-Islam Paleran dalam praktek Bahasa Arab serta pendampingan yang konsisten oleh para ustadz dan ustadzah agar dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Arab tersebut dengan baik dan benar.

Full Text:

PDF

References


Afandi, A. (2013). Articipatory Action Research (PAR) Metodologi Alternatif Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. Workshop Pengabdian Berbasis Riset Di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 1–11.

Hermawan, A. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Pt. Rosyda Karya.

Hermawati, R., Handayani, R., Suraya, A., Veritia, V., & Astuti, E. P. (2019). Motivasi Belajar Untuk Siswa : Jaga Sikapmu, Semangatmu Untuk Meraih Prestasi Dimasa Yang Akan Datang. BAKTIMAS : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(4), 223–228. https://doi.org/10.32672/btm.v1i4.1725

Huda, S., Kusumawati, D., Bondowoso, U., Address, E., Huda, S., & Kusumawati, D. (2019). Muhammadiyah Sebagai Gerakan Pendidikan. 2(2), 163–173.

Huwaida, H. (2020). Kamu Wajib Jatuh Cinta Bahasa Arab (D. C. Bashori (ed.); 1st ed.). Motivaksi Inspira.

Kholisoh, E., & Komarudin, R. E. (2021). Pendampingan Belajar Pengenalan Bahasa Arab Menyenangkan Pada Anak Di Masa Pandemi Covid-19. Proceedings Uin Sunan …, 7(November). https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/download/226/188

Nuha, U. (2012). Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Diva Press.

Tersta, F. W., Sekonda, F. A., Arief, H., Vahlepi, S., & Jambi, U. (2022). DEDIKASI : Jurnal Pengabdian Masyarakat. 4(1), 71–75.

Wati, I. K., Marsela, D., Nurisa, D. K., Liskan, F., & Aulia, N. (2022). Pengabdian Masyarakat Membantu Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Gunung Raja Kecamatan Sungkai Barat Kabupaten Lampung Utara. Griya Cendekia, 7(1), 8.

Zulkarnaini, F. (2019). Pembelajaran Bahasa Arab untuk Tingkat Dasar Pada Program Pembinaan Desa Tertinggal. Ibrah; Jurnal Pengabdian Masyarakat, 0(1), 1–10.

الخولي, م. ع. (2001). المهارات الدراسية. دار الفلاح


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


maxwin138

slot thailand

slot5000

paket wisata bali

paket wisata banyuwangi

loker situbondo