Sosialisasi Pentingnya Tes dan Pengukuran Kondisi Fisik Atlet bagi Pelatih Sepak Bola

Ahmad Sulaiman, Agus Prasetyo Utomo, Rizki Apriliyanto, Joni Iskandar, Dyanisyaf Ramadhani

Abstract


Kabupaten Jember salah satu produsen pemain sepak bola di Indonesia. Banyak pemain sepak bola profesional bahkan yang sampai menembus Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang lahir dari Kabupaten Jember. Sebut saja, Slamet Nurcahyo, Bayu Gatra dan Rizky Dwi di Timnas senior. Di Timnas kelompok umur ada nama Erlangga dan Bramdani. Belum lagi yang tampil di Liga 1 dan 2 (klub profesional). Sepak bola di Jember menjadi cabang olahraga paling digemari masyarakat. Hal ini terbukti dari banyaknya klub atau sekolah sepak bola yang tersebar di berbagai penjuru di Jember. Alangkah baiknya jika potensi yang dimiliki ini dibarengi dengan penerapan sport science dalam pembinaan pemain sepak bola Jember. Salah satu yang bisa diterapkan adalah melakukan tes dan pengukuran kondisi fisik kepada para pemain yang dibinanya. Beberapa pelatih pemula yang ada di Jember masih banyak yang belum memahami cara melakukan tes dan pengukuran kondisi fisik para pemain sepak bola. Selama ini hanya menjalankan latihan dan bertanding saja tanpa adanya evaluasi berbasis data tes dan pengukuran. Salah satu penyebabnya adalah masih minimya sumber pengetahuan yang mereka miliki seperti modul/buku, pelatihan/workshop. Tujuan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini memberikan sosialisasi pentingnya tes dan pengukuran kondisi fisik kepada para pelatih sepak bola. Kegiatan inti PKM ini antara lain, pertama sosialisasi pentingnya tes dan pengukuran kondisi fisik pemain sepak bola. Kedua, pemaparan materi komponen tes dan pengukuran kondisi fisik sepak bola. Hasil kegiatan pengabdian ini, antara lain: (1) kegiatan sosialisasi pentingnya tes dan pengukuran kondisi fisik terselenggara dengan lancar (2)  kegiatan  PKM ini  memberikan  dampak  dan respon postif dari peserta, dan (3) adanya peningkatan pengetahuan bagi pelatih tentang tes dan pengukuran kondisi fisik pemain sepak bola.   Besar harapan dari tim pengabdian adalah para pelatih sepak bola bisa mengaplikasikan di klub/ekstrakurikuler sekolah masing-masing untuk menunjang meraih prestasi.

Kata kunci: Sosialisasi; Tes Pengukuran; Kondisi Fisik; Sepak Bola


Full Text:

PDF

References


Dvorak, J., Klinik, S., Junge, A., Graf-baumann, T., & Peterson, L. G. (2004). Football is the most popular sport worldwide. The American Journal of Sports Medicine, 32(November 2020). https://doi.org/10.1177/0363546503262283

Lake, W. B. (2013). Century College Men ’ s Soccer 2013 Fitness & Conditioning Program.

Orange, S. (2017). Health & Fitness Journal. March.

PSSI. (n.d.). Sejarah PSSI. Retrieved November 13, 2022, from https://www.pssi.org/about/history-description

Reilly, T. (2007). The Science of Training – Soccer:A Scintificapproach to developing strength ,speed and endurance. 208.

Turner, A. N., Cscs, D., & Stewart, P. F. (2014). Strength and Conditioning for Soccer Players. Strength and Conditioning Journal, 36(4), 1–13.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


maxwin138

slot thailand

slot5000

paket wisata bali

paket wisata banyuwangi

loker situbondo