Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga melalui Inovasi Pembuatan Susu Kurma dan Jahe Bernilai Ekonomi Tinggi

Moh. Dasuki, Bahtiar Hari Hardovi

Abstract


Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan di Desa Mumbulsari yang mayoritas Masyarakatnya berprofesi sebagai petani, sedangkan para ibu rumah tangga hanya diam dirumah, mengurus kebutuhan rumah dan keluarga saja. Minat masyarakat terhadap kegiatan berwirausaha dan mengembangkan kreativitas olahan produk lokal sangatlah kurang, banyak faktor yang mempengaruhi situasi ini seperti tidak ada komunitas wirausaha, kurangnya edukasi, kurang inovatif dalam menangkap peluang usaha yang ada disekitar. Berdasarkan permasalahan ini, maka solusi yang ditawarkan adalah 1)Program pembentukan kelompok wirausaha. 2)Program edukasi dalam mengembangkan ekonomi kreatif 3)Program pelatihan inovasi pembuatan susu kurma dan jahe. 4)Program Pendampingan dan pelatihan model bisnis susu kurma dan jahe. Hasil dari kegiatan ini terbentuknya kelompok wirausaha, pengetahuan tentang industri kreatif, menghasilkan produk inovatif, pengetahuan branding dan packaging, pengetahuan pemasaran.

Full Text:

PDF

References


Adji Widodo, Anah Furyanah, Sugeng Widodo, Haidilia Maharani, Dien Mardiana Yulianti, Ibnu Sina. (2020). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Untuk Menjadi Seorang Wirausaha, Di Wilayah RW 09, Kampung Bulak, Kelurahan Benda Baru, Kecamatan Pamulang, Tanggerang Selatan. Abdi Laksana, 126.

Alma, B. (2014). Manajemen & Pemasaran Jasa. Bandung: Alfa Beta.

Fuziawatie, A. S. (2021). Susu Steril Kurma Minuman Sehat untuk Masa Pandemi Covid-19:. Jurnal Riset Agama, 209-222.

Hubeis, M. (2012). Manajemen Kreativitas dan Inovasi dalam Bisnis. Jakarta: Penerbit PT. Hecca Mitra Utama.

Iramani, Tatik Suryani, Nurul Hasanah. (2018). Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga untuk Meningkatkan Daya Saing Produk. LPPM Untag Surabaya, 29-33.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


maxwin138

slot thailand

slot5000

paket wisata bali

paket wisata banyuwangi

loker situbondo