Penerapan Metode Audio Visual dan Imajiner Dalam Proses Pembelajaran anak pengidap Attentions Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), Slow Learner, Oppositional defiant disorder (ODD) di SDN Sumberwuluh 3

Adetya Pratika Aprilia, Andini Cahyaningrum, Fitri Amilia, Anam Fadlillah

Abstract


Proses pembelajaran bukan sekedar memberikan materi tepapi juga menangani anak dengan pengidap Attentions Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), Slow Learner, Oppositional defiant disorder (ODD) yang terdapat didalam kelas atau sekolah tersebut dengan metode pembelajaran yang sesuai untuk mengatasi permasalahan siswa. Tujuan dilakukan pembelajaran tersebut adalah untuk menarik minat belajar siswa dan menstimulus rangsangan dalam berpikir. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan menggunakan sistem program In Door dan Out Door dengan metode visual dan imajiner. Hasil dari penerapan metode tersebut yaitu materi pembelajaran mudah diterima dan diingat, siswa belajar dengan senang dan meningkatnya karakter positif masing-masing siswa terutama siswa ADHD, Slow Leaner, dan ODD dan memberikan solusi penangan bagi anak bermasalah sehingga dapat mengikuti proses pembelajaran dengan kondusif dan sesuai tujuan pembelajaran, hal ini meningkatkan perkembangan pembelajaran siswa baik di dalam kelas maupun diluar kelas, meningkatkan antusias siswa dalam pembelajaran tanpa paksaan. Adanya Kegiatan tersebut dan penerapan metode-metode memberikan dampak positif bagi kalangan siswa, guru, dan para wali murid, hal ini ikarenakan adanya perkembangan dalam media pembelajaran disertai metode yang dapat diterima siswa sehingga proses pemahaman siswa meningkat pesat dan siswa senang menuntut ilmu.

Full Text:

PDF

References


Anggraini, B., & Dwi Putri, B. N. (2021). Analisis Permasalahan Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi SMP N 5 Kota Padang. Jurnal Wahana Konseling, 4(2), 149. https://doi.org/10.31851/juang.v4i2.6410

Anjani, A. T. (n.d.). Studi Kasus Tentang Konsentrasi Belajar Pada Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Attention Deficit Hyperactivity Disorder, 11.

Apryanggun, D., Satiadarma, M. P., & Basaria, D. (2018). ART THERAPY SEBAGAI ART-BASED ASSESSMENT PADA ANAK OPPOSITIONAL DEFIANT DISORDER (ODD) DI PANTI ASUHAN X DAN Y. Psibernetika, 11(1). https://doi.org/10.30813/psibernetika.v11i1.1159

Bektiningsih, K., Widihastrini, F., & Susilaningsih, S. (n.d.). OPTIMALISASI PELAYANAN PEMBELAJARAN BAGI ANAK SLOW LEARNER DAN PENCEGAHAN PERUNDUNGAN DI SEKOLAH INKLUSI. 7.

Budianto, D. A., Pd, M., & Basori, M. (2017). PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI 2017. 01(11), 17.

Diari, K. P. Y. (2022). AUDIO VISUAL GENDING RARE PADA SEKOLAH DASAR.

(1), 6.

Mansyur, Abd. R. (2022). Telaah Problematika Anak Slow Learner dalam Pembelajaran. Education and Learning Journal, 3(1), 28. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i1.147

Nabilla Maghfi, U., & Na’imah, N. (2020). PENERAPAN MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI KELAS AKHIR YANG TEPAT DI PAUD TSABITA KALIANDA LAMPUNG SELATAN. Jurnal Buah Hati, 7(2), 197–210. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1163

Nengsi, R., Malik, A., & A Natsir, A. F. (2021). Analisis Perilaku Peserta Didik Slow Learner (Studi Kasus Di MTsN Makassar). Education and Learning Journal, 2(1), 49. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i1.93

Oleh, D. (n.d.). Diajukan Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Guna Mencapai Derajat Sarjana S1 Pendidikan Guru PendidikanAnak Usia Dini. 10.

Sutrisno, H., Pd, S., Si, M., Sudarti, H., & Pd, M. (n.d.). PEMANFAATAN MEDIA ANIMASI AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN KEMANDIRIAN MERAPIKAN MAINAN PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD LABORATORIUM MODEL UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK. 13.

Prasko, P., Santoso, B., & Sutomo, B. (2016). PENYULUHAN METODE AUDIO VISUAL DAN DEMONSTRASI TERHADAP PENGETAHUAN MENYIKAT GIGI PADA ANAK SEKOLAH DASAR. Jurnal Kesehatan Gigi, 3(2), 53–57. https://doi.org/10.31983/jkg.v3i2.1784

Ridha, A. A. (2020). Metode Positive Behavior Support untuk Mengelola Emosi dan Perilaku pada Anak dengan Oppositional Defiant Disorder. INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental, 5(2), 150. https://doi.org/10.20473/jpkm.V5I22020.150-161

Sakila, N. (2019). PEMBELAJARAN TEKS CERITA IMAJINASI BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING. MABASAN, 13(2), 208–230. https://doi.org/10.26499/mab.v13i2.264

Susanti, A., & Suryaningsih, W. (2019). MENINGKATKAN KONSENTRASI ANAK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) MELALUI OLAHRAGA MEMANAH. 5.

Yusmaliana, D., & Suyadi, S. (2019). Pengembangan Imajinasi Kreatif Berbasis Neurosains dalam Pembelajaran Keagamaan Islam. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 14(2), 267. https://doi.org/10.21043/edukasia.v14i2.4213


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


maxwin138

slot thailand

slot5000

paket wisata bali

paket wisata banyuwangi

loker situbondo