Pelatihan Bahasa Inggris oleh Penutur Asing dalam rangka Peningkatan Speaking Skill Siswa Kelompok Kelas Rendah di Jember

Indah Werdiningsih, Mochammad Hatip

Abstract


Pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak (TEYL) adalah salah cara untuk memperkenalkan bahasa Inggris sebagai bahasa asing kepada siswa kelompok kelas rendah yaitu siswa kelas 1-3 sekolah dasar. Saat ini, anak-anak belum memiliki pemahaman yang cukup tentang pentingnya belajar bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Salah satu alternatif untuk mengenalkan bahasa Inggris kepada anak misalnya dengan cara menciptakan lingkungan belajar yang positif dan menyenangkan serta memberikan pengalaman baru bagi mereka berinteraksi secara langsung dengan penutur asing dari luar negeri. Tujuan khusus yang ingin dicapai dalam PKMS antara lain: 1) Meningkatkan speaking skill siswa kelompok kelas rendah, 2) Memberikan nuansa baru dalam kegiatan belajar mengajar bahasa Inggris di sekolah, dan 3) Meningkatkan kualitas SDM baik siswa, guru, maupun sekolah melalui interaksi dengan dunia internasional. Untuk mencapai tujuan dari program PKMS, digunakan metode praktek dan pelatihan bersama antara penutur asing bersama siswa dan guru. Tahap kegiatan selanjutnya yaitu pelaksanaan observasi selama proses belajar mengajar siswa kelompok kelas rendah di sekolah, lalu peneliti bersama mahasiswa menyusun proposal PKMS dilajutkan dengan proses pelaksanaan pengabdian masyarakat. Pelaksanaan pelatihan ini berjalan dengan sukses dan lancar, para siswa kelas 2 C SD Negeri Jember Lor 3 berpartisipasi aktif dan terlihat sangat tertarik mengikuti pelatihan bersama penutur asing. Siswa kelompok kelas rendah juga bisa ikut bermain interactive game sambil belajar dan melakukan conversation practice dalam kelompok bersama penutur asing. Program PKMS ini tidak hanya mensosialisasikan pentingnya peran penutur asing dalam membantu siswa meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris mereka, tetapi juga menambah kosa kata baru bagi siswa dan membantu mereka mengucapkan kata tersebut dengan benar sesuai logat penutur asing.

Full Text:

PDF

References


Árva, V., & Medgyes, P. (2000). Native and non-native teachers in the classroom. System, 28(3). https://doi.org/10.1016/S0346-251X(00)00017-8

Clarke, P. M. (2009). Supporting children learning English as a second language in the early years (birth to six years). VCAA.

Derakhshan, A., Tahery, F., & Mirarab, N. (2015). Helping adult and young learners to communicate in speaking classes with confidence. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(2). https://doi.org/10.5901/mjss.2015.v6n2p520

Fleckenstein, J., Möller, J., & Baumert, J. (2020). Is younger always better? Early foreign language learning at primary school. Zeitschrift Fur Padagogische Psychologie, 34(3–4). https://doi.org/10.1024/1010-0652/a000267

Hurlock, E. B. (2011). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi Kelima. Jakarta : Erlangga, Edisi 5.

Hurtado, N., Marchman, V. A., & Fernald, A. (2008). Does input influence uptake? Links between maternal talk, processing speed and vocabulary size in Spanish‐learning children. Developmental Science, 11(6), F31–F39.

Kesevan, H. V., Madzlan, N. A., & Kanapathy, K. (2018). Native and Non-native English Teachers’ Classroom Ideologies and its Implementation in ESL Classroom. International Journal of Applied Linguistics and English Literature, 7(7). https://doi.org/10.7575/aiac.ijalel.v.7n.7p.158

Llanes, À., & Muñoz, C. (2013). Age Effects in a Study Abroad Context: Children and Adults Studying Abroad and at Home. Language Learning, 63(1). https://doi.org/10.1111/j.1467-9922.2012.00731.x

Marchman, V. A., Fernald, A., & Hurtado, N. (2010). How vocabulary size in two languages relates to efficiency in spoken word recognition by young Spanish-English bilinguals. Journal of Child Language, 37(4). https://doi.org/10.1017/S0305000909990055

Marsh, D. (2002). Using languages to learn and learning to use languages. TIECLIL - Translanguage in Europe - Content and Language Integrated Learning.

McNeill, A. (1994). Some Characteristics of Native and Non-Native Speaker Teachers of English.

Muñoz, C., & DeKeyser, R. (2010). Age-related differences and second language learning practice. In Practice in a Second Language. https://doi.org/10.1017/cbo9780511667275.014

Myles, F. (2017). Learning foreign languages in primary schools: Is younger better? In Languages, Society and Policy.

Oliver, R. (2008). How young is too young?: Investigating negotiation of meaning and feedback in children aged five to seven years. In Multiple Perspectives on Interaction: Second Language Research in Honor of Susan M. Gass. https://doi.org/10.4324/9780203880852

Suryana, D., Sari, N. E., Winarti, Lina, Mayar, F., & Satria, S. (2021). English Learning Interactive Media for Early Childhood Through the Total Physical Response Method. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1). https://doi.org/10.21009/jpud.151.04

Tajeddin, Z., Atai, M. R., & Shayeghi, R. (2019). Native and non-native teachers’ changing beliefs about teaching english as an international language. International Journal of Society, Culture and Language, 7(2 Special issue).

Vizconde, C. J. (2006). Attitudes of Student Teachers towards the use of English as Language of Instruction for Science and Mathematics in the Philippines. The Linguistics Journal, 1(3).

Werdiningsih, I. (2019). (Conference Workshop) Foreigner’s Role in Helping Jember Young Learners Speak Better English.

Werdiningsih, I. (2020). Foreigner’s role in helping Jember young learners speak better English. Asian EFL Journal, 27(5.2).

Werdiningsih, I., & Mardiyah, B. A. (2019). Fostering Listening Comprehension through Total Physical Response. ELLITE: Journal of English Language, Literature, and Teaching, 4(2). https://doi.org/10.32528/ellite.v4i2.2986

Zhang, F., & Yin, P. (2009). A Study of Pronunciation Problems of English Learners in China. Asian Social Science, 5(6). https://doi.org/10.5539/ass.v5n6p141

Zhang, S. (2009). The Role of Input, Interaction and Output in the Development of Oral Fluency. English Language Teaching, 2(4). https://doi.org/10.5539/elt.v2n4p91


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


judi bola

sakti55

kelas99