Pendalaman Literasi sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru MIS Miftahul Ulum Kranjingan Jember

Agus Milu Susetyo, Indah Werdiningsih, Ijtihadul Akbar, Adetya Pratika Aprilia

Abstract


Mitra kegiatan pengabdian masyarakat stimulus ini adalah MIS Miftahul Ulum Kranjingan Jember. Sekolah setingkat  sekolah dasar ini berstatus sekolah swasta dalam naungan yayasan Pondok Pesantren Darul Hikmah Al-Ghazaalie. Tujuan dari kegiatan pengadian ini adalah peningkatan kompetensi guru di sekolah mitra melalui pembaharuan pengetahuan budaya literasi di sekolah. Selain itu, keadaan lokasi mitra harus dapat secara mandiri membangun ekosistem pendidikan di Sekolah Dasar (SD) yang literat. Untuk mencapai tujuan tersebut, semua anggota tim merancang kegiatan ini dengan jenis forum diskusi atau bentuk penyuluhan. Forum ini dimulai dengan perencanaan, perjanjian kerja sama, pembuatan proposal, pelaksanaan kegiatan, evaluasi dan tindak lanjut. Program Kemitraan Masyarakat Stimulus didukung tim dengan bidang keahlian yang relevan dengan tujuan yang hendak dicapai. Semua peserta kegiatan memperoleh materi penyuluhan dari tim pelaksana pengabdian. Kegiatan ini mendapatkan hasil bahwa adanya peningkatan pemahaman literasi yang tepat untuk guru di sekolah mitra yang nantinya diterapkan di lingkungan MIS Miftahul Ulum Kranjingan Jember. Selain itu, semua peserta yang hadir sadar tentang pentingnya kemampuan literasi kepada tiap siswanya. Oleh karena itu, guru dan kepala sekolah akan merencakan adanya agenda untuk membuat jadwal literasi sebalum jam pelajaran dimulai. Selain itu, pihak MIS Miftahul Ulum sepakat menunggu adanya gerakan literasi kepada siswa. Namun harus ada dukungan sarana dan prasarana. Oleh karena itu, dukungan orang tua siswa, komite, alumni dan lainnya dibutuhkan guna melaksanakan Gerakan Literasi Sekolah.  Dalam akhir sesi ini peserta mengusulkan agar kegiatan pengabdian dapat ditinjak lanjuti dan diharapkan akan ada kegiatan pelatihan berkelanjutan sebagai bentuk kerjasama dengan MIS Miftahul Ulum, Kec. Kranjingan, Kab. Jember.


Full Text:

PDF

References


Antasari. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas. Libria. 9 (1) 13-26.

Batubara,. H,.H,. dan Dessy,. N,. A. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPsd). 4 (1) 15-29.

Data Sekolah. (2021). Mis Miftahul Ulum. Diakses dari: https://data-sekolah.sekolah-kita.net/sekolah/MIS%20MIFTAHUL%20ULUM_102121.

Faizah, dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hartati, T. (2016).Multi Media dalam Pengembangan Litersi di Sekolah dasar Terpencil. Jurnal Sekola Dasar. 25 (1) 47-54.

Hidayah,. L. (2019). Implementasi Budaya Literasi di Sekolah Dasar Melalui Optimalisasi Perpustakaan: Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri di Surabaya. Ju-Ke Jurnal Ketahanan Pangan. 1 (2) 48-58.

Ristanto, A,. dkk. (2019, Desember 04). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. Diakses dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas.

Harsiati, T dan Ika, S,. W,. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar. 26 (2) 112-122

Sekretaria GTK. (2021). Sambut Hari Guru, Kemendikbudristek Merilis Guru Belajar dan Berbagi Seri Literasi dan Numerasi. Diakses dari: https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/sambut-hari-guru-kemendikbudristek-merilis-guru-belajar-dan-berbagi-seri-literasi-dan-numerasi.

Teguh,.M. (2020). Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. 1 (2) 18-26.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


maxwin138

slot thailand

slot5000

paket wisata bali

paket wisata banyuwangi

loker situbondo