Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Guru-Guru di MI Miftahul Ulum Kranjingan Jember

Dzarna Dzarna, Anita Fatimatul Laili

Abstract


Mind mapping merupakan metode merangkum dan mencatat kreatif untuk memudahkan guru dan siswa mengingat banyak informasi. Mind Mapping juga akan lebih memudahkan guru dan siswa pada saat presentasi serta dapat melatih kecakapan berbicara di kelas karena Mind Maping merupakan peta konsep atau peta pikiran yang dibuat serinci-rincinya. Tujuan dari pengabdian ini yaitu mengenalkan model mind mapping kepada guru-guru di MI Miftahul Ulum Kranjingan Sumbersari Jember agar motode ini digunakannya pada saat mengajar. Metode yang digunakan dalam proses pengabdian ini adalah tim pelaksana menggunakan beberapa aplikasi mind map dan mengenalkannya pada guru-guru. Selain itu tim pelaksana juga menggunakan media manual (kertas kosong dan spidol warna) untuk membuat mind maping. Setelah diberikan sosialisasi tentang model pembelajaran mind mapping didapatkan bahwa guru-guru begitu antusias dan senang mendapatkan materi tentang mind mapping. Mereka merasa mendapat mengalaman dan informasi baru dan akan menggunakannya pada saat memberi materi, pada saat presentasi di kelas, pada saat memberikan PR pada siswa serta menggunakannya saat presentasi pada pertemuan MGMP, dan juga akan menganjarkannya pada siswa tentang mind mapping. Model mind mapping ini dapat digunakan pada semua mata pelajaran, serta bisa digunakan pada semua jenjang sekolah dari SD hingga perguruan tinggi

Full Text:

PDF

References


Buzan, Tony. (2008). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Fathurrohman, Muhammad. (2015). Model-model pengajaran inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz

Media.

Hillar, Silvina P. (2012). Mind Mapping with FreeMind. Birmingham-Mumbai: Packt Publishing

Ltd. Livery Place 35 Livery Street.

Istarani. (2011). Kumpulan 39 Metode Pembelajaran. Medan: CV. Iscom Medan.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta:

Kata Pena.

Novianti. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Peningkatan

Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Matematika Semester III Fkip Umuslim

Pada Mata Kuliah Program Linear. Variasi : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim,

Volume 10, Nomor 2, Juni 2018 ISSN : 2085-6172.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada

https://www.kajianpustaka.com/2014/01/pengertian-manfaat-dan-membuat-mind.html

https://www.mindmapping.com/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


maxwin138

slot thailand

slot5000

paket wisata bali

paket wisata banyuwangi

loker situbondo