Pembelajaran Ekonomi di Pondok Pesantren Al-Khairiyah dalam Menghadapi Masa Pandemik Covid-19

Ali Usman Usman, Ashfa Nafaisa Primadianti, Ivan Fadhilah Budiarto, Fitra Fidianti Ningsih, Abdul Karim Karim, Siti Aisyah Aisyah, M. Ubait Hisni Hisni

Abstract


Pembelajaran ekonomi dalam masa pandemik merupakan salah bentuk mempertahankan kehidupan di masa perekonomian yang sedang sulit. Pemberdayaan ekonomi selama pandemik telah banyak dilakukan di masyarakat. Hal ini berbeda pada pondok pesantren yang masih jarang dilakukan lebih lanjut santri-santri juga membutuhkan pengetahuan dan keterampilan baru dalam untuk tetap hidup dalam menghadapi yang sedang sulit. Pengabdian masyarakat dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam bentuk pelatihan budidaya ikan lele. Kegiatan pengabdian ini dilakukan pada santri-santri di Pondok Pesantren Al Khairiyah, Dusun Kauman, Desa Tempurejo, Kabupaten Jember. Metode yang digunakan yaitu memberikan pelatihan kepada santri-santri tentang bagaimana melakukan budidaya ikan lele yang baik dan benar yang diawali dengan bagaimana proses pemilihan bibit ikan lele yang super, pengisian air kolam, pemberian pakan hingga cara memasarkan ikan lele tersebut setelah di panen. Hasil kegiatan ini yaitu santri-santri termotivasi dalam melakukan budidaya ikan lele sebagai salah satu bentuk usaha yang mudah dilakukan sehingga pemenuhan kebutuhan hidupnya akan tetap bisa terpenuhi dalam kondisi ekonomi yang sedang sulit, santri mempunyai pengetahuan dan ketrampilan santri-santri dalam melakukan budidaya ikan lele yang baik dan benar, santri menjadi senang karena secara langsung mempraktekkan budidaya ikan lele sehingga santri mempunyai salah satu bekal untuk hidup dalam masyarakat yang akan lebih luas.

Full Text:

PDF

References


Alquriyah, Y., & Ahmadi. (2021). PENTINGNYA PROGRAM KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) UNTUK PARA SANTRI DI PONDOK PESANTREN. Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 1(1), 105–112.

Anam, A., Kurniawan, A., & Rahardjo, T. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Pemeliharaan Ikan Lele Guna Meningkatkan Omzet Penjualan di Desa Kanigoro Kabupaten Malang. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(2), 251–259. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i2.5285

Bibin, M., Ardian, A., & Mecca, A. N. (2021). Pelatihan Budidaya Maggot sebagai Alternatif Pakan Ikan di Desa Carawali. MALLOMO: Journal of Community Service, 1(2), 78–84. https://doi.org/10.51817/mallomo.v1i2.404

Fathorrahman, Yusuf, N., Maswarni, & Khoir, O. I. (2021). BUDIDAYA IKAN LELE DAN TANAMAN KANGKUNG DALAM MENINGKATKAN KETAHANAN EKONOMI KELUARGA PADA MASYARAKAT SEKITAR MASJID QUBATUL ISLAM, KELURAHAN BAMBU APUS KECAMATAN PAMULANG KOTA TANGERANG SELATAN. Jurnal Pengabdian Sosial |, 1(1), 6–17.

Hayati, I., Wastuti, S. N. Y., & Manik, J. R. (2021). Peningkatan Ketahanan Pangan Keluarga Pada Masa Pandemi Covid 19 Melalui “Berkale”(Ember Kangkung Dan Lele) Di Wilayah …. Prosiding SNasPPM, 6(1), 697–701. https://pe.unirow.ac.id/prosiding/index.php/SNasPPM/article/view/1020

Herjayanto, M., Munandar, A., Pratama, G., Syamsunarno, M. B., Yanuarti, R., Ilhamdy, A. F., & Kurniawan, I. D. (2021). Gerakan Ketahanan Pangan melalui Budidaya Ikan dalam Ember dalam Menghadapi Pandemik Covid-19 di Desa Kareo, Kabupaten Serang. PRIMA: Journal of Community Empowering and Services, 5(1), 7. https://doi.org/10.20961/prima.v5i1.43968

Kurniawan, I., Saloko, S. A., & Aji, W. A. (2021). Pelatihan budidaya lele dalam kolam terpal bulat untuk keterampilan warga binaan di lapas iib sleman. 1–7.

LPPM Universitas Muhammadiyah Jember, (2021). Pedoman dan Panduan Kuliah Kerja Nyata. Jember

Nanang, Y., Chadhiq, U., Retnoningsih, S., Mahanani, S., Kusumawati, R., Pratiwi6, R., & Sari, R. . (2019). BUDIDAYA IKAN LELE DENGAN KOLAM TERPAL DI KELURAHAN SUKODONO KECAMATAN KENDAL KABUPATEN KENDAL. 1(03), 105–112.

Usman, A., Susilo, H., Suwono, H., & Corebima, A. D. (2021). The contributions of metacognitive skills towards the retention of different academic ability students for the implementation of several learning models. International Journal of Education and Practice, 9(3), 550–567. https://doi.org/10.18488/journal.61.2021.93.550.567


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


wetogel

slot gacor

https://zapclinic.com/spartan-cufonfonts/-/

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor