Upaya Meningkatkan Kesadaran Generasi Muda tentang Pentingnya Belajar Bahasa Asing

Muhlisin Rasuki

Abstract


Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi serta meningkatnya laju globalisasi, keterampilan bahasa asing merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting untuk dikuasai. Hal ini terkait erat dengan fakta bahwasannya keterampilan bahasa asing merupakan keterampilan yang fundamental bagi individu guna mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi serta mengikuti laju globalisasi secara maksimal. Namun demikian, banyak generasi milenial—khususnya mereka yang tinggal di daerah pedesaan atau di pinggiran kota—yang belum bisa melihat urgensi ini. Guna mengatasi permasalahan tersebut, program pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran generasi milenial tentang pentingnya belajar bahasa asing dan mengembangkan keterampilan di bidang tersebut. Peserta program ini adalah siswa-siswi di salah satu sekolah menengah atas yang terletak di Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember. Kegiatan program ini diinisiasi dari hasil perbincangan (wawancara) dengan kepala sekolah dimana beliau menyatakan bahwa minat siswa-siswi dalam belajar bahasa asing di sekolah tersebut masih tergolong rendah. Rendahnya minat siswa-siswi ini kemungkinan dipicu oleh proses pembelajaran bahasa asing sebagai mata pelajaran yang hanya wajib di pelajari di sekolah dan bukan sebagai salah satu keterampilan yang bakal dibutuhkan oleh siswa-siswi di masa depan. Bertumpu pada pengalaman penulis sebagai seorang dosen dan peneliti di bidang pembelajaran bahasa asing, upaya yang dilakukan guna mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan memberikan contoh konkrit tentang berbagai manfaat yang bisa didapat ketika siswa-siswi memiliki keterampilan bahasa asing dibandingkan dengan jika mereka tidak memiliki keterampilan tersebut. Hasil evaluasi program ini menunjukan bahwa upaya yang dilakukan mampu meningkatkan kesadaran siswa-siswi tentang pentingnya belajar dan mengembangkan keterampilan bahasa asing.

Full Text:

PDF

References


Dörnyei, Z. (2008). Motivation Strategies in the Language Classroom. Cambridge: Cambridge University Press.

Dornyei, Z., & Ryan, S. (2015). The Psychology of the Language Learner Revisited. New York: Routledge.

Lambert, C. (2017). Tasks, Affect and Second Language Performance. Language Teaching Research, 21(6), 657–664.

Long, M., & Doughty, C. (Eds.). (2011). The Handbook of Language Teaching. Malden, MA: Wiley-Blackwell.

Salikin, H. (2015). A Group of Indonesian Adult EFL Students’ Mastery of Tenses and Aspects: Investigating the Internal and External Factors of Learning. Advances in Language and Literary Studies, 6(5), 143-150.

Salikin, H., & Rasuki, M. (2018). Developing Second and Foreign Language Proficiency: Insight from the learners. Asian EFL Journal, 20(5), 51-66.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


maxwin138

slot thailand

slot5000

paket wisata bali

paket wisata banyuwangi

loker situbondo