Penguatan Kompetensi Guru dalam Berbahasa Asing dan Integrasi Teknologi pada Pembelajaran melalui Drilling Youtube Translation

Fitrotul Mufaridah, Topo Yono, Muhammad Fikrul Ikhtiar, Nurul Fikri

Abstract


Bergulirnya era abad 21 menuntut guru untuk terus melakukan upaya dalam menguatkan pemahaman tentang konsep pembelajaran abad 21, dan juga kompetensi yang diperlukan dalam melaksanakan pembelajaran abad 21. Artikel ini fokus untuk mendeskripsikan bagaimana pemahaman para guru tentang konsep pembelajaran abad 21, dan bagaimana kompetensi guru dalam komunikasi berbahasa asing, dan kompetensi pemanfaatan teknologi pada kegiatan pembelajaran melalui youtube translation? Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan pengamatan langsung. Data dianalisis secara kualiltatif dan juga kuantitatif. Data menunjukkan bahwa para guru memiliki pemahaman konsep pembelajaran abad 21 yang berbeda-beda. 31,8% guru memahami bahwa pembelajaran abad 21 hanya terkait dengan penggunaan teknologi dalam pembelajaran saja, dan 22,7% berpendapat bahwa pembelajaran abad 21 harus dalam bentuk pembelajaran daring atau online, 10 % memahaminya hanya terkait kurikulum dan teknologi, dan 5% lagi mengaitkan dengan pembentukan karakter. Pemahaman yang lebih lengkap mampu ditunjukkan oleh 4 orang guru (18,2 %) bahwa ada beberapa kompetensi yang harus diajarkan dalam pembelajaran abad 21, yaitu literasi, komunikasi, teknologi, dan juga sikap. Melalui kegiatan drilling youtube translation, hasil pengabdian  menunjukkan adanya kompetensi guru yang bagus dalam menerapkan pembelajaran Content-Based Instruction, yaitu berkomunikasi bahasa Inggris atau bahasa Arab dalam konten materi lainnya, dan juga keterampilan menggunakan teknologi untuk pembelajaran. Guru terbukti sebenarnya memiliki kemampuan dasar yang cukup untuk terus dikembangkan dalam mewujudkan komunikasi berbahasa asing dan integrasi teknologi dalam instruksional pembelajaran di kelasnya masing-masing. 

 

Kata kunci: content-based instruction; drilling; kompetensi; komunikasi; pembelajaran abad 21; youtube.

 


Full Text:

PDF

References


Guzman, A., & Nussbaum, M. (2009). Teaching competencies for technology integration in the classroom. Journal of Computer Assisted Learning. https://doi.org/10.1111/j.1365-2729.2009.00322.x

Herrera, O. A., Alves, G. R., Fuller, D. A., & Aldunate, R. G. (2006). Education for the 21st Century — Impact of ICT and Digital Resources. In J. Kumar, Depak, and Turner (Ed.), Education for the 21st Century. https://doi.org/10.1007/978-0-387-34731-8

Kulamikhina, I. V., Esmurzaeva, Z. B., Vasbieva, D. G., & Alipichev, A. Y. (2019). Supporting English competence development in university teachers: Principles and practices. New Trends and Issues Proceedings on Humanities and Social Sciences. https://doi.org/10.18844/prosoc.v6i1.4177

McGeveran, W., & Fisher, W. W. (2011). The Digital Learning Challenge: Obstacles to Educational Uses of Copyrighted Material in the Digital Age. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.923465

Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2001). Approaches and Methods in Language Teaching. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/cbo9780511667305

Singh, B. (2019). Character education in the 21st century. Journal of Social Studies (JSS). https://doi.org/10.21831/jss.v15i1.25226

Syamsinar, S., & Jabu, B. (2016). The Problems in Professional Competence of Teachers in Teaching English Subject at Vocational High Schools. ELT Worldwide: Journal of English Language Teaching. https://doi.org/10.26858/eltww.v2i2.1690

Trilling, B., & Fadel, C. (2010). 21St Century Skills: Learning for Life in Our Times (Reference for 21st C course). In Wiley.

van Laar, E., van Deursen, A. J. A. M., van Dijk, J. A. G. M., & de Haan, J. (2017). The relation between 21st-century skills and digital skills: A systematic literature review. Computers in Human Behavior. https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.03.010

Voogt, J., Erstad, O., Dede, C., & Mishra, P. (2013). Challenges to learning and schooling in the digital networked world of the 21st century. Journal of Computer Assisted Learning. https://doi.org/10.1111/jcal.12029


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


maxwin138

slot thailand

slot5000

paket wisata bali

paket wisata banyuwangi

loker situbondo