Penyusunan Soal Terintegrasi Kisi-Kisi Soal Berbasis Aplikasi Sederhana bagi Guru di MTs Baitul Arqom

Sofyan Rofi, Henri Fatkurochman

Abstract


Tahapan penyusunan soal evaluasi hasil belajar yang berupa test tulis mengacu kepada beberapa tahapan mulai kisi-kisi, kartu soal dan naskah soal. Perkembangan teknologi informasi dapat difungsikan dalam menyiasati hal tersebut menjadi satu langkah tahapan yang lebih bersifat efisien dengan menggunakan aplikasi sederhana berbasis excel. Penggunaan aplikasi ini secara prinsip dapat mereduksi langkah atau tahapan penyusunan soal menjadi satu langkah yang terintegrasi secara menyeluruh. Manfaat secara universal aplikasi dapat meringankan beban kerja guru dalam menyiapkan proses evaluasi pembelajaran yang berkualitas bagi siswa.

Kata kunci : soal, kisi-kisi, aplikasi, guru.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Bumi Akasara. Edisi 2 Cet. Ke 2.

Azwar, Saifuddin, 2001. Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukutan Prestasi balajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Jihad, Asep dkk, 2013. Evaluasi Pembelajaran. Ar-Ruzz : Yogyakarta.

Risman, O. (2020). Implementasi Metode Ocf Dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun Kisi-Kisi Soal. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(2). https://doi.org/10.33578/pjr.v4i2.7975

Sudijono, Anas 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo. Edisi 1 Cet 12.

Sudjana, Nana, 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sukardi. 2012. Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya, Jakarta : Bumi Aksara. Cet. Ke 7.

Thoha, Chabib. 2003. Teknik Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Wulan, A. H. Z., & Aristia, R. (2018). Jenis - Jenis Instrumen dalam Evaluasi Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


maxwin138

slot thailand

slot5000

paket wisata bali

paket wisata banyuwangi

loker situbondo