Upaya Meningkatkan Strategi Bertanya Guru sebagai Perancah Berbahasa Siswa Autis

Astri Widyaruli Anggraeni, Kristi Nuraini

Abstract


Pertanyaan menjadi bagian yang sangat penting dalam proses interaksi, terutama pada interaksi di kelas. Program Kemitraan Masyarakat Stimulus ini dilatarbelakangi ketika pelaksana telah menyelesaikan penelitian mengenai pertanyaan guru pada siswa autis dan berkeinginan untuk membagikan kepada guru autis mengenai hasil temuan penelitian tersebut. Masih banyak guru yang kurang mengefektifkan proses tanya jawab dalam pembelajaran. Guru masih banyak yang mengajukan pertanyaan tingkat rendah berkisar hanya pada kemampuan mengingat pada siswa autis, padahal siswa autis dapat memberikan jawaban yang kreatif sesuai pengetahuan yang dimilikinya.  Pelaksana kegiatan akan memberikan materi dan simulasi mengenai strategi bertanya kepada siswa autis dilihat dari teori Stimulus dan Respon dari pertanyaan sebagai stimulusnya dan jawaban siswa sebagai responnya.

Kata Kunci: Strategi, Pertanyaan, Autis


Full Text:

PDF

References


Azwandi, Yoswan. 2005. Mengenal dan Membantu Penyandang Autisme. Jakarta: Depdiknas.

Brown, Douglas. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Person Education

Delphie, Bandi. 2009. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusif. Klaten:PT.Intan sejati

Perrot, Elizabeth. 1985. Effective Teaching: A Practical Guide to Improving Your Teaching. New York: Long Man


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


maxwin138

slot thailand

slot5000

paket wisata bali

paket wisata banyuwangi

loker situbondo