Pemberdayaan Guru dalam Pembelajaran Daring pada Era Pandemi Covid-19

Mochamad Hatip, Kuni Hikmah Hidayati, Nurul Fikri, Pandhutama Raharjo

Abstract


Pendidikan menjadi salah satu sektor yang terdampak sangat signifikan di masa Pandemi Covid-19. Study from Home atau Belajar dari Rumah menjadi istilah yang populer untuk menggambarkan pembelajaran yang tidak lagi di sekolah melainkan di rumah. Mau tidak mau, guru maupun siswa dituntut untuk menyesuaikan dengan pembelajaran daring atau online. Guru sudah pasti dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan bahan ajar maupun tugas. Oleh karena itu, kemampuan guru dalam bidang IT sangat dibutuhkan dalam menunjang pembelajaran online. Sayangnya, kami mengamati bahwa kemampuan IT dan pemanfaatannya dalam pembelajaran daring masih belum maksimal, terutama oleh guru-guru di sekolah-sekolah daerah terpencil, Dusun Curahdami khususnya. Hal ini terbukti dari penggunaan aplikasi ataupun media sosial yang masih sangat minim selama beberapa bulan pembelajaran daring ini. Berbekal pengamatan ini, kami tergerak untuk memberdayakan guru dengan memberikan pelatihan pemanfaatan IT. Pelatihan yang dimaksut adalah pelatihan membuat video-video pembelajaran, mengedit video dengan aplikasi gratis berkualitas, mengunggah video pada YouTube, serta memanfaatkan video-video yang telah dibuat menjadi bahan belajar siswa dari rumah. Pelatihan ini akhirnya telah dilaksanakan dengan kesan yang sangat baik, baik bagi pemateri maupun peserta. Beberapa hari setelah pelatihan, pemateri melakukan observasi terhadap perkembangan pengajaran selama masa pandemi setelah diadakan pelatihan. Ternyata para peserta (guru) telah menguasai materi-materi yang diajarkan selama pelatihan terbukti dengan diterapkannya beberapa materi pelatihan, seperti beberapa guru telah membuat video penjelasan melalui youtube yang dikirimkan kepada wali murid untuk materi hari tertentu. Hal ini merupakan sebuah kemajuan, dan, dengan ini, pemateri merasa bahwa tujuan dari program pengabdian ini telah tercapai.

 

Kata Kunci: Pandemi Covid-19, Study from Home, Pembelajaran Daring, Kompetensi Guru, Kemampuan IT


Full Text:

PDF

References


Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(3), 496-503.

Masdudi. (2016). Karakteristik Perkembangan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1-26.

Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Analisis Literasi Digital Guru SD dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Classroom di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 116-123.

Nurhayati, T. (2016). Problematika Guru dalam Menguasai TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Solusinya. Jurnal Tekpen, 1-9.

Rahman, U. (2009). Karakteristik Perkembangan ANak Usia Dini. Lentera Pendidikan, 12(1), 46-57.

Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. I., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188-198.

Sudrajat, J. (2020). Kompetensi Guru di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 13(1), 100-110.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


maxwin138

slot thailand

slot5000

paket wisata bali

paket wisata banyuwangi

loker situbondo