Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Handout Berbasis Aplikasi Canva bagi Guru di SMA Baitul Arqom

Bahar Agus Setiawan, Tri Endang Jatmikowati

Abstract


Pandemi covid 19 memberikan sumbangsih tersendiri bagi peningkatan profesionalisme guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Kondisi tersebut tidak lepas atas kebijakan pemerintah tentang pembelajaran berbasis online sebagai penyikapan atas terjadinya pandemi covid 19. Kreativitas dan inovasi guru dalam menyikapi realitas tersebut secara sederhana dapat diterapkan dalam penyusunan dan pengembangan bahan ajar berbentuk handout sebagai upaya untuk memaksimalkan proses pembelajaran berbasis online. Penyusunan dan pengembangan bahan ajar handout yang dapat dilakukan salah satunya dengan menggunakan aplikasi online Canva sebagai alternatif. Disamping sebagai media, aplikasi yang berbasis online ini dapat menciptakan fleksibilitas siswa dalam mengakses handout sebagai bahan untuk memahami dan mempelajari materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Ketersedian bentuk, format dan pilihan desain pada canva dapat memberikan alternatif bagi guru dalam membuat bahan ajar handout yang menarik dan bersifat efektif.

 

Kata kunci : bahan ajar, handout, canva, guru, aplikasi online.


Full Text:

PDF

References


Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Juhji. (2016). Peran Urgen Guru dalam Pendidikan. Studia Didaktika, 10(1).

Munir. (2012). PJJ TIK Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Online dan WEB. Retrieved: http://file.upi.edu/browse.php?dir=Direktori/FPMIPA/PRODI._ILMU_ KOMPUTER/196603252001121-MUNIR/PJJ_TIK/. Hlm. 27.

Ningtyas, R., Yunianta, T. N. H., & Wahyudi, W. (2014). Pengembangan Handout Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas III. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(3). https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2014.v4.i3.p42-53

Prastowo, Andi. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: Diva Press. Hlm. 314-317.

Sakilah. (2015). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Pekabaru: Kreasi Edukasi. Hlm. 122.

Solehudin, M., & Manajemen. (2018). Peran Guru Pai Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) Siswa SMK Komputama Majenang. Jurnal Tawadhu, 2(3).

Wahyudin, D., & Susilana, R. (2011). Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran. Kurikulum Pembelajaran.

Wartomo, W. (2016). Peran Guru dalam Pembelajaran Era Digital. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (Ting) VII, (November).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


judi bola

sakti55

kelas99