Penerapan Media Visual dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI IPS SMA Negeri Pakusari

Fatimatuzzahro Fatimatuzzahro, Valen Eka Putri Luwansa, Zilfa Maulidah, Hamzah Ade Putra, Agus Milu Susetyo

Abstract


Media pembelajaran salah satu unsur pembelajaran yang tidak bisa dilupakan. Penerapan media pembelajaran bisa mempengaruhi keberhasilan atas tujuan akhir pembelajaran. Media pembelajaran sendiri terdiri atas bermacam-macam jenis, salah satunya adalah media visual. Media pembelajaran jenis visual merupakan jenis media pembelajaran yang menyuguhkan gambaran secara nyata maupun abstrak. Media jenis ini bersifat real dan mengandalkan indera penglihatan. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi adanya penurunan kemampuan siswa kelas XI IPS SMA Negeri Pakusari dalam mempelajari pelajaran Bahasa Indonesia. Dimana pelajaran ini pada kurikulum 2013 lebih pada genre teks. Teks sendiri tentu saja lebih pada kalimat, tulisan dan semacamnya. Penggunaan media visual tentunya bisa membatu daya imajinasi siswa dalam mempelajari tiap materi pelajaran. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk (1) mengetahui persiapan penerapan media audio visual dalam pembelajaran bahasa Indonesia, (2) mencermati penerapan media audio visual dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penerapan pengabdian ini di laksanakan dengan strategi memberikan bimbingan teknis dan sosialisasi kepada guru yang ada di sekolah tersebut. Kegiatan pengandian ini diawal dengan koordinasi, sosiaslisasi, refleksi, dan penerapan media visual secara kalaboratif. Selain itu, adanya kolaborasi antara pelaksana pengabdian dan guru untuk menerapkan media visual saat pembelajaran di kelas. Hasil dari pengabdian ini memperoleh hasil. (1) Siswa mendapatkan pengalaman baru dalam menggunakan media visual saat pembelajaran. Dengan itu, terjadi adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menguasai materi pembelajaran setelah menggunakan media visual. (2) Tersedianya beberapa macam media visual sebagai hasil dari kolaborasi antara pelaksana dan guru di sekolah mitra.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Suhardjono dan Supardi.(2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. BumiAksara.

Arsyad, Azhar. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Perindo Persada

Daryanto. (2013). Media pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Audie, N. (2019). Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik. InProsiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 586-595).

Atkinson, R. C., & Shiffrin, R. M. (2016). Human memory: A proposed system and its control processes. Scientists Making a Difference: One Hundred Eminent Behavioral an Brain Scientists Talk about their Most Important Contributions. https://doi.org/10.1017/CBO9781316422250.025.

Bruning, R. H., Schraw, G. J., & Norby, M. M. (2011). Cognitive psychology and instruction. History of Science. https://doi.org/10.2307/1421580.

Daryanto. 1993. Media Visual. Bandung: Satu Nusa.

Fatchan, M. (2018). Perancangan aplikasi media pembelajaran ilmu pengetahuan alam berbasis Adobe Flash Professional CS6. Jurnal SIGMA, 8(1), 43-51.

Kurnia, U. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Brainstorming untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Topik Sifat-sifat Cahaya. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(2).

Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20-28.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Sudadio, S. (2012). Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Provinsi Banten Melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 553-573.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.

Susanti, S., & Zulfiana, A. (2018). Jenis–jenis media dalam pembelajaran. Jenis–Jenis Media Dalam Pembelajaran, 1-16.

Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114.

Tarsito. Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


maxwin138

slot thailand

slot5000

paket wisata bali

paket wisata banyuwangi

loker situbondo