Literasi Zakat Bagi Generasi Muda (Sosialisasi Pengelolaan Zakat Bagi Remaja Masjid Al-Mas’ad Ambulu)

Dhofir Catur Bashori, Hasna Huwaida

Abstract


Generasi muda adalah generasi terbaik dari sebuah peradaban suatu bangsa. Bahkan lintasan sejarah Islam tidak dapat dipisahkan dari peran para pemuda. Kelebihan berupa kekuatan fisik, kecerdasan yang otentik, hingga idealisme yang tinggi merupakan kelebihan dan kekuatan yang dimiliki oleh generasi muda. Berbagai kelebihan tersebut jika tidak dikelola dan diarahkan dengan baik, maka yang terjadi generasi muda tersebut justru akan terjerumus pada kenakalan anak muda pada umumnya. Salah satu organisasi kepemudaan yang mewadahi para generasi muda untuk mengekspresikan dirinya pada hal-hal yang bernilai positif adalah Remaja Masjid Al-Mas’ad Ambulu Jember. Di antara berbagai kegiatan kajian keislaman yang telah diadakan oleh Remaja Masjid Al-Mas’ad, kajian tentang zakat belum pernah dilaksanakan. Padahal generasi muda memiliki peran yang sangat penting dalam rangka memasyaratkan nilai-nilai keutamaan yang ada dalam zakat. Oleh sebab itu, kegiatan dalam pengabdian ini dilaksanakan demi menyadarkan generasi muda khususnya di Masjid Al-Mas’ad Ambulu tentang urgenitas ibadah zakat. Kegiatan ini menggunakan tiga metode berupa metode ceramah, pelatihan, dan pendampingan. Selain penanaman kesadaran akan pentingnya zakat, pengabdian ini juga menghasilkan terbentuknya struktur Pengumpul Zakat di Masjid Al-Mas’ad untuk kemudian menjalankan fungsi utamanya dalam mengelola zakat.

Full Text:

PDF

References


Afandi, A. (2013). Articipatory Action Research (PAR) Metodologi Alternatif Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. Workshop Pengabdian Berbasis Riset Di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 1–11.

Ainiyah, N. (2018). Remaja Millenial dan Media Sosial: Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 221–236. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.76

Ali, H. (2017). Millennial Nusantara : pahami karakternya, rebut simpatinya. Gramedia.

Elfemi Nilda, Yolanda, B., Marfita, H., & Amanda, S. (2021). PELATIHAN ASESSMENT/EVALUASI PEMBELAJARAN SEBAGAI PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SMAN 1 CANDUANG KECAMATAN CANDUANG KABUPATEN AGAM. J-Abdi (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 7(1), 1373–1380. https://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI

Ismail, S. (2012). Manajemen Strategik. Erlangga. https://onesearch.id/Record/IOS3659.35788/TOC

Kamil, M. (2010). Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi) (Cet. ke-1). Alfabeta.

Karin, N. (2008). Dinamika Sosial Politik Organisasi Pemuda Pncasila Sumatera Utara. Universitas Sumatera Utara.

Lisnawati, I dan Ertinawati, Y. (2019). Literasi Melalui Presentasi. Metaedukasi, 1(1), 1–12.

Pemerintah, P., Indonesia, R., Zakat, T. P., Rahmat, D., Yang, T., Esa, M., Indonesia, P. R., & Umum, K. (2014). Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat.

Purwasasmita, M. (2010). Strategi Pendampingan Dalam Peningkatan Belajar Masyarakat. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Saprida S. (2021). Sosialisasi Pengenalan Zakat Fitrah Terhadap Santriwati. Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 1–12.

Subardin, M., Imelda, I., & Andaiyani, S. (2021). Pendampingan Milenial Hobi Zakat Melalui Pengaplikasian Zakat Digital Bagi Remaja Masjid. Selaparang; Jurnal Pengabdian MAsyarakat Berkemajuan, 4, 808–814.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


maxwin138

slot thailand

slot5000

paket wisata bali

paket wisata banyuwangi

loker situbondo